Minggu, 16 Januari 2022 | 06:09 Wita

Resmikan Baitul Maal Yaminas, Ust Aziz : Kewajiban Zakat Sama Kewajiban Shalat

Editor: Firman
Share

HidayatullahMakassar.id — Anggota Dewan Pertimbangan Hidayatullah Ust Dr H Abd Aziz Qahhar Mudzakkar menyampaikan tausiah pada peresmian Baitul Maal Yayasan Minahasa, Luwu, Sabtu, 15/01/2022.

Kegiatan yang dirangkaikan dengan acara Tablig Akbar tersebut turut diramaikan dengan hadirnya berbagai tokoh lingkungan, pengurus kecamatan, bahkan Sekretaris Dinas Pendidikan Kabupaten Luwu.

Di depan ratusan masyarakat, Ustadz Aziz memberikan pencerahan mengenai zakat. Menurut pendiri Yayasan Al Bayan Hidayatullah Makassar tersebut, zakat adalah ajaran Islam yang kewajibannya setara dengan sholat lima waktu.

“Zakat ini merupakan amanat agama (Islam) serta amanat negara. Di dalam Islam, ajaran tentang zakat diatur sedemikian rupa. Dan yang terpenting zakat ini level kewajibannya sama dengan sholat lima waktu,” kata Ustadz Aziz menjelaskan dengan penuh antusias.

Lebih lanjut, Ustadz Aziz menuturkan harapan bahwa, Baitul Maal Yaminas tidak hanya sekedar berfungsi sebagai sarana pengumpulan dan penyaluran zakat.

Melainkan turut andil dalam mengedukasi masyarakat agar mau berzakat. Menurutnya, di daerah pedesaan, tidak sedikit dari ummat Islam yang sangat jarang mengeluarkan zakatnya.

“Di desa-desa itu kan ada saja petani yang panen berton-ton jagung misalnya, tetapi tidak mengeluarkan zakat harta. Padahal zakat itu tidak hanya zakat fitrah saja, tetapi juga ada yang namanya zakat harta, ” tutur Ustadz yang pernah berkiprah sebagai Anggota DPD RI Perwakilan Sulawesi Selatan ini.

Oleh karenanya, harapnya, dalam perjalanannya ke depan, semoga Baitul Maal Yaminas bisa mendesain program edukatif kepada masyarakat akan pentingnya zakat.

Baitul Maal Yaminas merupakan lembaga yang diperuntukkan sebagai wadah yang menghimpun dan menyalurkan zakat, infak dan sedekah masyarakat.

Sebagai sebuah lembaga yang bernaung di bawah Yayasan Pendidikan Minahasa tersebut, lembaga ini juga turut bergerak memberikan beasiswa untuk para santri penghafal Al-Qur’an.■ Ian Kassa



BACA JUGA