Rabu, 25 Oktober 2023 | 21:39 Wita

Al Bayan Hidayatullah Makassar Wakili Sulsel Silaturahmi Pesantren Nasional

Editor: Humas Yayasan Al Bayan Hidayatullah Makassar
Share

HidayatullahMakassar.id — Pesantren Al Bayan Hidayatullah Makassar menjadi tuan rumah wilayah Sulsel untuk Silaturahmi Pesantren se-Indonesia program Indonesia Sharia Economic Festival (ISEF) Bank Indonesia (BI).

Silaturahmi Pesantren bertajuk “Optimalisasi Peran Pesantren Mendukung Ketahanan Pangan di Era Digital” itu dilaksanakan serentak se-Indonesia, Rabu (25/10/2023). Di Sulsel di pusatkan di Masjid Umar Al Faruq Ponpes Al Bayan Hidayatullah Makassar, BTP Tamalanrea.

Hadir pada kesempatan itu Deputi Bank Indonesia KPw Sulsel Firdaus Muttaqin bersama jajaran pimpinan dan manajemen kantor perwakilan BI Sulsel. Membersamai kegiatan itu Dewan Pembina Yayasan Al Bayan Hidayatullah Makassar Ust H Ir Abdul Majid MA dan Ketua Yayasan Al Bayan Ust Suwito Fatah MM dan jajaran yang disemarakkan dengan santap malam bersama para santri.

Salah satu program ISEF berupa program kemandirian ekonomi pesantren yang dilaksanakan sejak 2011 dan telah melibatkan 845 pesantren, salah satunya Pesantren Al Bayan.

“Alhamdulillah ini menjadi kesyukuran dan kebanggaan tersendiri bagi kami dipercaya menjadi tuan rumah Silaturahmi Pesantren, ini sekaligus menjadi kesempatan belajar bagi pengembangan usaha untuk kemandirian pesantren,” ujar Ust Suwito.

Untuk program ISEF sebelumnya, dua tahun lalu, Pesantren Al Bayan terpilih menjadi finalis dan menjadi pesantren terbaik di Indonesia Timur dalam program kemandirian ekonomi.

Salah satu lini bisnis yang dikembangkan hasil pembinaan dari program ISEF BI yakni usaha Al Bayan Konvensi produksi busana dan seragam sekolah.

Saat ini kegiatan kemitraan Pesantren Al Bayan dengan BI berupa pembinaan Ketahanan Pangan sedang dilaksanakan program budidaya bawang merah di kawasan Ponpes Tahfizh Ummul Qura Hidayatullah Tompobulu Pucak Maros.

“Pengembangan usaha memang menjadi program prioritas kami sebagai penyanggah kebutuhan dan pengembangan pesantren,” tambah Ust Suwito.

Usaha lain yang sudah berjalan di antaranya resto cepat saji Ayam Crispy Om Chick, Rumah Potong Ayam Hidayatulllah hingga mini market Al Bayan Mart.(fir)



BACA JUGA