Senin, 25 September 2023 | 16:34 Wita

BI-Ponpes Al Bayan Hidayatullah Makassar Realisasi Project Agropreneur Budidaya Bawang

Editor: Humas Yayasan Al Bayan Hidayatullah Makassar
Share

HidayatullahMakassar.id — Bank Indonesia (BI) kantor Perwakilan Sulsel dan Yayasan Al Bayan Hidayatullah Makassar bekerjasama menyelenggarakan proyek pemberdayaan ekonomi pesantren.

Proyek kerjasama itu mulai direalisasikan Senin (25/9/2023) untuk budidaya komoditi bawang merah. Hal itu ditandai kunjungan tim BI kantor Perwakilan Sulsel di lokasi budidaya kawasan Ponpes Ummul Qura Hidayatullah Tompobulu Pucak Maros.

Tim BI Perwakilan Sulsel diterima Ketua Yayasan Al Bayan Hidayatullah Makassar Ust Suwito Fatah, Sekretaris Ust Jumaruddin SPdi dan Kadep Ekonomi Muhammad Alyas SPd.

“Bismillah hari ini dimulai project pemberdayaan ekonomi agropreunur kerjasama BI Sulsel. Insya Allah akan dibuat demplot penanaman bawang merah di Hidayatullah Tompobulu,” ujar Ust Suwito.

Kerjasama tersebut sebagai tindaklanjut dari pelatihan agropreneur yang diselenggarakan BI Perwakilan Sulsel di Makassar, pekan lalu. Tim Ponpes Al Bayan bersama 15 pesantren lain turut berpartisipasi dalam Capacity Building dan Pendampingan Program Ketahanan Pangan bagi Pesantren di Sulsel.

“Ini merupakan kerjasama kedua BI Perwakilan Sulsel dan Al Bayan, sebelumnya sinergi pengembangan ekonomi melalui usaha konveksi,” tambahnya. Al Bayan Konveksi saat ini antara lain melayani produksi pakaian seragam sekolah, busana muslim dan lainnya.

Yayasan Al Bayan terus mendorong dan menjalin sinergi strategis dengan berbagai pihak bagi pemberdayaan dan kemandirian ekonomi pesantren. Bulan lalu menjalin kerjasama dengan Rumah Potong Hewan (RPH) Makassar untuk pemasaran produk abon dari RPH.

Ponpes Al Bayan Hidayatullah Makassar merupakan ponpes terbaik pengembangan kemandirian ekonomi di kawasan timur Indonesia yang ditetapkan BI Perwakilan Makassar tahun lalu (fir)



BACA JUGA