Selasa, 15 Agustus 2023 | 06:41 Wita

Pacu Kualitas dan Peningkatan Kompetensi Guru, SMP Al Bayan Workshop Kurikulum Merdeka

Editor: Humas Yayasan Al Bayan Hidayatullah Makassar
Share

HidayatullahMakassar.id — SMP Al Bayan Fullday & Boarding School Hidayatullah Makassar menggelar workshop implementasi Kurikulum Merdeka di aula Yayasan Al Bayan, Pesantren Hidayatullah Makassar, BTP Tamalanrea, akhir pekan lalu.

Workshop tersebut menurut Ketua Departemen Tarbiyah Yayasan Al Bayan Arfah Bandule MM untuk meningkatkan kompetensi guru-guru untuk mendukung tercapainya kualitas unggul pendidikan di SMP Al Bayan

“Kita berharap guru memiliki kompetensi pedagogik, kompetensi profesional, kompetensi pribadi dan kompetensi sosial,” rincinya.

Ia menegaskan para guru SMP Al Bayan harus memiliki keleluasaan untuk memilih berbagai perangkat pembelajaran dan memiliki potensi untuk bagaimana mengelolah pembelajaran yang menarik, kreatif dan inovatif.

“Sehingga, pembelajaran dapat disesuaikan dengan kebutuhan belajar dan minat peserta didik serta meningkatkan dan mengembangkan kompetensi dasar peserta didik seperti literasi dan numerasi,” urainya.

Narasumber dalam workshop sehari dihadiri para guru SMP Al Bayan itu praktisi pendidikan dan pejabat Dinas Pendidikan Kota Makassar H. Jamil SPd MPd.

Ia menyampaikan seorang guru atau pendidik harus mempunyai skill dan kompetensi dalam pengelolaan kelas, agar peserta didik tidak jenuh dan membosankan.

“Apalagi di era 4.0 ini, guru dituntut untuk kreatifitas dan inovatif dalam mengimplementasikan proses pembelajaran di dalam kelas sesuai dengan mata pelajaran masing-masing,” jelasnya.

Menurutnya kunci dari target dan harapan tersebut adalah literasi yang baik bagi peserta didik maupun pendidik.

Guru peserta workshop dibimbing peningkatan kemampuan menyusun project, modul ajar, CP dan ATP capaian pembelajaran (CP) dan alur tujuan pembelajaran (ATP) hingga tujuan pembelajaran (TP).

Kepala Sekolah SMP Al Bayan Fullday & Boarding School Abdullah B Namru SPd berharap apa yang menjadi materi workshop tersebut mampu diimplementasikan oleh para guru baik dalam proses belajar mengajar.

“Terimakasih kepada narasumber yang telah menyampaikan materi sangat baik dan menarik sehingga para guru sangat antusias.
Alhamdulillah juga semua guru SMP Al Bayan baik guru diniyah maupun matapelajaran umum,” ucapnya.(Faqih/Feroz/*)



BACA JUGA