Kamis, 28 Oktober 2021 | 17:25 Wita

Diklat Pelatih Pandu Hidayatullah Sulsel Digelar di Kawasan Agrowisata Albayan   

Editor: Firman
Share

HidayatullahMakassar.id — Diklat Pelatih Pandu Hidayatullah Sulsel resmi dibuka penyelenggaraannya di kawasan Pesantren Tahfizh Hidayatullah Tompobulu Agrowisata Albayan, Pucak, oleh Panglima Pandu Hidayatullah Nasional Ustad Syarif Daryona, Kamis sore (28/10/2021).

Ust Syarif juga akan secara langsung memberikan materi kepanduan dan materi diklat khas Pandu Hidayatullah tsaqafah islamiyah

Hadir pada pembukaan diklat yang akan berlangsung hingga Ahad (31/10/2021) itu Ketua Dewan Pengurus Wilayah Hidayatullah Sulsel Drs Ust Nasri Bohari MPd, Ketua Yayasan Al Bayan Hidayatullah Makassar Ust Suwito Fattah MM, Kepala Perwakilan Baitul Mal Hidayatullah Ust Kadir dan Komandan SAR Hidayatullah Sulsel Ust Amri.

Ust Syarif berharap pelaksanaan diklat tersebut akan semakin meningkatkan pemahaman kepanduan maupun bekal keilmuan (tsaqafah islamiyah), mental spiritual (ruhiyah),dan kesamaptaan fisik (jasadiyah) bagi para pelatih Pandu.

“Sehingga sepulang dari diklat para pelatih mampu maksimal ikut mendidik santri agar memiliki jiwa kepemimpinan, ksatria, mandiri, rela berkorban dan setia kawan,” ujarnya.

Sementara Ust Nasri dalam sambutannya juga berharap Gerakan Pandu Hidayatullah di Sulsel benar-bemar bisa menjadi wadah bagi para santri untuk mengaktualisasikan semangat keIslaman dan melahirkan kader-kader pelanjut perjuangan Islam melalui Hidayatullah.

Diklat tersebut diikuti 60 lebih peserta dari seluruh DPD Hidayatullah se-Sulsel. Peserta nantinya akan mengikuti berbagai materi lebih banyak wawasan dan skill yang diperoleh.

Diklat diselenggarakan untuk melatih kecakapan pelatih Pandu sehingga lebih giat lagi untuk melakukan pengkaderan di wilayahnya, juga sebagai persiapan dari Pandu Hidayatullah Sulsel menghadapi Silatnas atau Jambore Hidayatullah tingkat Nasional pada 2022 nanti. Pada 2018, Pandu Hidayatullah Sulsel berhasil meraih juara umum Jambore Nasional tingkat SD yang diadakan di Jogjakarta.

Ust Suwito mengaku antusias sebagai tuan rumah penyelenggaraan kegiatan. “Karena di kawasan Ponpes Ummul Qura ini juga sedang dilakukan pembangunan sebagai kawasan Agrowisata Albayan.

Ia berharap ke depan akan banyak kegiatan-kegiatan diklat baik oleh internal Hidayatullah maupun dilaksanakan pihak lain diselenggarakan di lokasi tersebut.

Apalagi, tambahnya, kawasan Agrowisata Albayan akan dilengkapi berbagai fasilitas yang memungkinkan kegiatan diklat terselenggarakan dengan baik.■ fir



BACA JUGA