Sabtu, 9 Januari 2021 | 16:56 Wita

Lazismu Enrekang Sukses Kumpulkan ZIS Rp 2 Miliar

Editor: Firman
Share

ENREKANG, HidayatullahMakassar.id — Lembaga Amil Zakat Muhammadiyah (Lazismu) Enrekang menggelar Rapat Kerja Daerah di Aula Kafe Latimojong, Enrekang Kota, Sabtu (9/01/2021). Rakerda kali ini mengusung tema “Mewujudkan Lazismu Enrekang yang Handal dan Terpercaya”.

Lazismu Enrekang berhasil dalam membangun kepercayaan kepada para muzakki dan munfik, ini dibuktikan dengan kemampuannya mengumpulkan zakat, infak, sedekah dan dana sosial keagamaan lainnya hingga mencapa Rp 2 miliar di 2020.

“Kita harap agar Lazismu tren pengumpulannya terus meningkat dari tahun ke tahun,” harap Ketua Lazismu Enrekang, Nurdin Rauf di Kafe Latimojong Enrekang.

Sementara itu, Pimpinan Baznas Enrekang, Dr Ilham Kadir yang menjadi pemateri utama dalam Rekerda Lazismu Enrekang memberi arahan agar para amil bisa bekerja cerdas dan optimal.

“Menjadi amil itu adalah dai, yang mengajak umat Islam menjalankan syariat zakat, infak, dan sedekah. Karena itu, sebagai dai harus totalitas dalam bekerja dan didahului dengan penguasaan ilmu dan managemen pengelolaan zakat,”imbuhnya.

Ia melanjutkan bahwa ada beberapa hal yang harus dipahami sebagai amil. “Amil di Lazismu harus punya target, program, pengendalian program, program unggulan, strategi marketing, proses yang didukung dengan SDM para amil, infrastruktur memadai, dan evaluasi program yang diadakan secara rutin”, papar Dewan Pembina Ikatan Beasiswa Baznas RI ini.

Dosen UNIMEN ini juga menyampaikan bahwa Lazismu tidak bisa jalan sendiri-sendiri tapi harus bersinergi dengan Baznas.

“Banyak program pendistribusian ZIS yang bisa dikerjasamakan dengan Baznas, khususnya di Bulan Ramadhan atau pada masa qurban.” Tambahnya.

Lazismu Enrekang diharapkan akan menjadi lembaga zakat yang profesional, akuntabel, dan amanah sehingga para muzakki makin percaya untuk menyisihkan sebagian harta agar didistribusikan dan didayagunakan oleh Lazismu Enrekang.■



BACA JUGA