Kamis, 29 Oktober 2020 | 19:43 Wita

Hidayatullah Bulukumba Buka Rumah Quran dan Bangun Masjid di Kampus III Kajang

Editor: Firman
Share

BULUKUMBA, HidayatullahMakassar.id — Dewan Pengurus Daerah (DPD) Hidayatullah Bulukumba membuka secara resmi Rumah Quran dan memulai pembangunan Masjid di Kampus III Hidayatullah Bulukumba, Cabang Kajang.

Pembukaan Rumah Quran dan peletakan batu pertama pembangunan Masjid Qolbu Salim dilakukan Bupati Bulukumba yang diwakili staf ahli bidang kemasyarakatan dan SDM Pemkab Bulukumba Hj Darmawati SE, Senin (26/10/2020).

Hadir pula dalam kegiatan tersebut Pengurus DPP Hidayatullah Ustadz Muhammad Sholeh Usman dan Pengurus DPW Hidayatullah Sulawesi Ustadz Abd Jabbar. Juga sejumlah tokoh masyarakat, agama, dan tokoh adat setempat.

Darmawati mengapresiasi usaha yang dilakukan Hidayatullah yang membuka Rumah Qur’an di Desa Bontobiraeng. “Rumah Qur’an di Dusun Ganta Desa Bontobiraeng akan menjadi wadah pembinaan generasi muda, khususnya para santri dalam menimba ilmu agama atau menjadi penghafal Al qur’an pada masa mendatang,” ujarnya.

Darmawati juga menyampaikan, peresmian Rumah Qur’an ini merupakan momentum penting bagi masyarakat, khususnya di dusun ini, maupun warga lainnya yang ingin memasukkan anaknya menjadi santri di Rumah Qur’an ini. ”Saya berharap dengan diresmikannya Rumah Qur’an ini akan memotivasi generasi kita menjadi generasi yang cinta Al Qur’an dan berakhlatul karimah,” harapnya.

Sementara itu Ust Sholeh menyampaikan terima kasih kepada Bupati Bulukumba diwakili Staf Ahli Bidang Kemasysrakatan yang hadir sekaligus meresmikan Rumah Qur’an dan meletakkan batu pertama pembangunan mesjid Qolbu Salim yang artinya Hati yang Selamat.

Ustadz Muh Sholeh yang kebetulan isterinya berasal dari Desa Bontobirang, mengatakan, Hidayatullah awalnya sebagai lembaga sosial kemudian berubah menjadi lembaga perkumpulan yang cabangnya tersebar di beberapa kota, kabupaten dan provinsi di Indonesia.

Khusus di Bulukumba Pesantren Hidayatullah sudah memiliki 4 cabang, termasuk di Dusun Ganta Desa Bontobiraeng Kecamatan Kajang. Dan Hidayatullah juga sudah memiliki Perguruan Tinggi yang cukup besar di Kepri.

”Kami sangat bersyukur karena lokasi pembangunan Rumah Qur’an dan Mesjid Qolbu Salim merupakan hibah dari salah seorang warga Desa ini seluas 75 are, semoga menjadi amal jariyah. Dan untuk kelanjutan pembangunan fisik Masjid Qolbu Salim, saya yakin yang mewakili Bupati Bulukumba dan masyarakat yang lain, akan ikut ambil bagian. Kita bersyukur karena kita bisa ikut ambil bagian pada kegiatan mulia ini,” sebutnya.

Ia juga menegaskan keberadaan Rumah Qur’an, semata-mata ingin membangun peradaban Islam, yaitu mengerti dan mengamalkan Al Qur’ an dalam kehidupan sehari hari.

Pada kesempatan itu, salah seorang tokoh masyarakat yang juga mantan Kades Bontobiraeng, meminta Bupati Bulukumba ikut menyumbang pembangunan dalam rangka percepatan penyelesaian mesjid Qolbu Salim.

Mendengar permintaan tokoh masyarakat, Darmawati menyatakan siap dan meminta pengurus untuk datang ke kediamannya awal Nopember. Dan warga lainnya juga menyatakan kesiapan menyumbang, ada yang menyumbang semen, pasir dan batu bata. 

Bahkan sejumlah warga ada yang langsung menyerahkan uang tunai, termasuk tokoh adat Desa Bontobiraeng yang sore kemarin mengenakan pakaian adat Kajang Hitam hitam, langsung menyetor sumbangan secara tunai.

“Ucapan terima kasih kepada pemerintah daerah, tokoh masyaraka, agama, adat yang sempat hadir dan kontribusi dalam terwujudnya peradaban yang melahirkan generasi Yang berakhlakulkarimah,” tambah Ketua DPD Hidayatullah Bulukumba Ust Suparman.■ sup/*



BACA JUGA