Rabu, 15 Juli 2020 | 14:53 Wita

ZCD Bazmas Enrekang Latih Ibu-ibu Buat Aneka Makanan Olahan Susu

Editor: Firman
Share

HidayatullahMakassar.id — Zakat Community Deplopment (ZCD) Baznas Enrekang yang berkerja sama dengan Baznas RI sukses melatih ibu-ibu di Dusun Baba, Desa Cendana, Kabupaten Enrekang.

Pelatihan berlangsung selama enam hari, dari 7 Juli hingga 12 Juli 2020. Pesertanya sebanyak 24 orang yang terdiri dari dua kelompok ibu-ibu rumah tangga.

Sahabat dan Pendamping ZCD Baznas Enrekang, Budi Arsyah mendatangkan langsung praktisi UMKM yang ahli mengelola susu sapi asli ke berbagai varian. Kedua ahli tersebut adalah Rina Rosdianawati (41) dari Bandung dan Etik Kartika (40) Kabupaten Kuningan.

Selama enam hari dilatih, ibu-ibu peserta pelatihan sudah sukses membuat yoghurt, kefir, keju, karamel, susu kental manis, shampo, sabun susu, masker, kefir, sabun cair, es krim, krupuk susu, brwnies, stick susu, hingga nugget susu.

Acara penutupan juga dihadiri oleh Pimpinan Baznas Enrekang Dr Ilham Kadir dan Basruddin dan Kepala Desa Cendana (12/7/2020). Acara penutupan yang ditutup langsung oleh Pimpinan Baznas, Dr Ilham Kadir menyampaikan bahwa kegiatan pelatihan membuat aneka olahan susu sangat berhasil, tapi itu semua tidak ada artinya jika tidak dipraktikkan setelah selesai pelatihan.

“Pelatihan selama enam hari ini hanya pemantik saja, setelah ini jangan berhenti, terus belajar, buat inovasi, kreasi, namun tetap merujuk pada SOP dasarnya, insya Allah akan bisa mandiri dan menghasilkan, kami dari Baznas tetap melakukan monitoring dan advokasi,” kata Ilham Kadir.

Kami harap agar ibu-ibu peserta pelatihan membuat aneka olahan susu sapi bisa berdaya. Kami dari Baznas bersama Kepala Desa Cendana akan berupaya menyediakan sentra penjualan aneka makanan dari olahan susu sapi campur kelor.

“Insya Allah ini yang pertama kali di dunia”, tutup Dosen Universitas Muhammadiyah Enrekang itu yang disambut tawa oleh ibu-ibu.■ rls



BACA JUGA