Sabtu, 18 Mei 2024 | 10:41 Wita

Al Bayan Fullday dan Boarding School Miliki Kelas Alam Seluas 23 Hektar, Pertama di Sulsel

Editor: admin
Share

HidayatullahMakassar.id — Al Bayan Fullday dan Boarding School Hidayatullah Makassar kini memiliki kelas alam untuk pembelajaran dan aktivitas pengajaran alternatif.

Kelas alam tersebut merupakan kerjasama dengan Wadi Barakah kawasan wisata halal di Pucak Maros.

“Luas kawasan yang bisa dimanfaatkan untuk berbagai aktivitas belajar mengajar di alam terbuka mencapai 23 hektar,” jelas Ketua Yayasan Al Bayan Hidayatullah Makassar Ust Suwito Fatah MM di Makassar, pekan ini.

Dengan adanya kelas alam ini, tegasnya, menjadikan Al Bayan Islamic School sebagai sekolah pertama di Makassar dan Sulsel yang memiliki fasilitas kelas alam sendiri dengan luas yang memadai.

Kegiatan belajar mengajar yang bisa dilakukan mulai dari olahraga, pengetahuan alam, ketangkasan hingga pembelajaran Qur’an dengan suasana rekreatif.

Direktur Wadi Barakah Muaz Yahya menyampaikan pihaknya saat ini telah menyiapkan wahana outbond dan unit villa. Sedang pula dibangun tambahan 8 unit villa serta rencana dibangun kolam renang syar’ih.

“Tentunya selain fasilitas tersebut, wahana dua sungai yang melintas maupun hutan asri dengan berbagai flora dan fauna yang terdapat di Wadi Barakah bisa menjadi sumber pengetahuan dan observasi bagi siswa dan santri,” tambahnya.

Ke depan, lanjutnya, dengan selesainya pembangunan villa pihaknya bersama Ponpes Tahfizh Ummul Quro Hidayatullah Tompobulu Pucak menyiapkan program camp Qur’an akhir pekan.

Sekolah yang bekerjasama seperti Al Bayan Islamic School Hidayatullah Makassar bisa memanfaatkan untuk belajar baca dan hafal Qur’an bagi siswanya.

Ketua Departemen Tarbiyah Yayasan Al Bayan Ust Arfah Bandule MM mengungkapkan unit sekolah dari TK, SD, SMP dan SMA baik Fullday maupun boarding di Al Bayan Islamic School dengan kerjasama tersebut akan segera menggelar berbagai program dan kegiatan.

“Jika selama ini kita outing class di tempat lain, kini Al Bayan Islam School memiliki tempat sendiri yang tak akan habis dieksplorasi untuk pembelajaran dengan nuansa sambil bermain dan berwisata,” jelasnya.

Sedang digagas pula, ungkapnya, Al Bayan Islamic School menjadi tuan rumah Festival Muharram menyemarakkan tahun baru Hijriah bagi sekolah se-Makassar maupun Sulsel, dalam waktu dekat.

Al Bayan Islamic School saat ini memiliki unit TK Al Wildan, SD, SMP dan SMA Integral Al Bayan. Unit SD dan SMP telah mengantongi akreditasi unggul A dari Badan Akreditasi Nasional.

Program yang dibina Fullday dan Boarding. Untuk unit SD selain Fullday juga tahun ini mulai menyelenggarakan kelas khusus tahfizh Qur’an.

Sedangkan unit SMP dan SMA terdapat program Fullday untuk putra dan boarding bagi putra maupun putri umum dan tahfidz.

Khusus untuk program tahfidz putra diselenggarakan di Ponpes Ummul Qura Hidayatullah Tompobulu Pucak Maros dan program beasiswa Tahfizh bekerjasama dengan Pemkot Makassar di Ponpes Al Bayan Hidayatullah Makassar BTP Tamalanrea Makassar.(AMC)