Minggu, 28 Agustus 2022 | 15:20 Wita

Shalatlah Sebagaimana Engkau Melihat Nabimu Shalat

Editor: Humas Yayasan Al Bayan Hidayatullah Makassar
Share

Oleh: Ust Abdul Qadir Mahmud MA, Kadep Dakwah & Pelayanan Ummat Yayasan Al Bayan Hidayatullah, Makassar
KAJIAN BHULUGHUL MARAM: KITAB SHALAT BAB SIFAT SHALAT Hadits ke 346

KAJIAN, HidayatullahMakassar.id — Dari Malik bin Al-Huwairits radhiyallahu ‘anhu, ia berkata bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

عَنْ مَالِكِ بْنِ الْحُوَيْرِثِ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: «صَلُّوا كَمَا رَأَيْتُمُونِي أُصَلِّي»، رَوَاهُ البُخَارِيُّ

“Shalatlah kalian (dengan cara) sebagaimana kalian melihatku shalat.” (HR. Bukhari).

Faidah Hadits

▪️ Hadits paling tidak mengandung dua hal
Pertama; kewajiban kaum manusia mengikuti Rasulullah dengan urusan yang dilakukan beliau dalam shalat. Setiap perkataan dan perbuatan beliau harus dilakukan oleh ummatnya kecuali ada dalil yang mengecualikannya.
Kedua; hadits ini menunjukkan bahwa perbuatan dan ucapan nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam saat shalat adalah penjelas dari perintah mujmal (global) dari Al-Qur’an dan berbagai hadits Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam.

▪️ Wajibnya meneladani Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam dengan mencontoh shalat yang beliau kerjakan. Segala perbuatan dan ucapan Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam mengenai shalat adalah wajib bagi umat ini mengikutinya kecuali ada dalil khusus yang menyatakan tidak wajibnya.

▪️ Hadits Malik Al-Huwairits ini ditafsirkan bahwa jika suatu perintah yang di dalamnya mengindikasikan kepada wajib, maka hukum sesuatu itu adalah wajib. Dan jika suatu perintah mengindikasikan kepada sunnah, maka hukumnya sunnah.

▪️ Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam telah menjelaskan tata cara shalat pada para sahabatnya dan pada seluruh umatnya secara umum dengan ucapan maupun dengan perbuatan Beliau seperti hadits-hadits yang telah dibahas sebelumnya.

▪️ Bahkan Rasulullah pernah malakukan shalat diatas mimbar, kemudian beliau berkata kepada para sahabat; “Aku melakukan seperti ini agar kalian mengikutiku dan agar kalian belajar bagaimanakah aku shalat.” (HR. Bukhari dan Muslim).

▪️ Wajibnya setiap orang untuk memperhatikan shalat, memperbaikinya serta mendalaminya. Rasulullah merupakan panutan dan teladan dalam perbuatan secara keseluruhan. Keteladanannya bukan hanya dalam shalat saja, melainkan juga dalam hal-hal penting lainnya.
Wallahu a’lam bish shawwab. (*)



BACA JUGA