Rabu, 10 Februari 2021 | 14:08 Wita

Antusiasme

Editor: Firman
Share

■ Spirit Al Bayan : Suwito Fatah MMKetua Yayasan Al Bayan Hidayatullah, Makassar

HidayatullahMakassar.id — Katakanlah (wahai Muhammad) Sesungguhnya shalatku, ibadahku, hidupku, matiku, hanya untuk Allah, Tuhan semesta alam (QS. 6:162)

Antusias adalah keinginan (desire) yang melahirkan kesungguhan (passion) kaena sebuah harapan (hope) tertinggi untuk menjadi yang terbaik. Ketika seseorang memiliki spirit yang bersumber pada keyakinan yang dimilikinya, maka bergeloralah jiwa antusias orang tersebut. Dan, ketika seseorang sudah memiliki antusias maka pada gilirannya ia akan memiliki sikap totalitas.

Orang yang antusias memiliki energi hidup yang melimpah-limpah luar biasa untuk memberikan yang terbaik (ihsan). Jadi, agar memiliki antusiasme yang bisa menjadi penggerak yang luar biasa maka ia harus meningkatkan kualitas ruhiyyah, tak hanya muatan emosional (rasa) dan muatan rasional (rasio).

Saya punya kiat khusus untuk membangkitkan antusiasme ini. Kita memulai dengan apa tujuan fundamental dari Al Bayan Kampus Utama Hidayatullah Makassar ini? Kenapa Al Bayan Hidayatullah Makassar harus ada? Kemudian saya kemukakan: “Al Bayan Hidayatullah Makassar ini ada untuk mewujudkan generasi Qurani, unggul dan berkarakter.

Kemudian saya tambahkan, ketika Al Bayan mampu melahirkan generasi Qurani, unggul, memiliki akhlak dan adab yang baik, kemudian tersebar di seluruh dunia, maka sesungguhnya Al Bayan mempersembahkan mahakarya untuk kebaikan umat. Artinya, sesungguhnya para guru, pengasuh, dosen dan pegawai Al Bayan bekerja sebagai bentuk perjuangan dan pengabdian kepada Allah.

Maka, ketika kaki hendak dilangkahkan menuju kelas-kelas untuk mengajar, rasa antusias dan niat untuk ibadah dan mengabdi harus terpatri. Bahwa kita mempersembahkan yang terbaik. Kalau menjadi guru, guru yang tidak hanya mengajar, tapi mendidik dengan cinta dan keteladanan, kalau kita pengasuh maka menjadikan santri-santri adalah adik-adik kita, sebagai pengganti keluarga mereka. Kalau kita administrator mencatat dan memberikan pencatatan dengan rapi.

Antusiasme bekerja sebagai cerminan tanggungjawab menggunakan detik per detik, menit per menit dan jam per jam waktu yang diberikan Allah untuk segenap aktivitas di Al Bayan Islamic School Hidayatullah Makassar untuk mencapai ridho-Nya. Wallahu’alam bish shawab.■



BACA JUGA