Rabu, 24 Februari 2021 | 07:02 Wita

Focus

Editor: Firman
Share

■ Spirit Al Bayan : Suwito Fatah MMKetua Yayasan Al Bayan Hidayatullah, Makassar

HidayatullahMakassar.id — “Kita datang ke sini tidak untuk kembali. Kita hanya memiliki dua pilihan, menaklukan negeri ini dan kemudian menetap di sini atau kita semua binasa di tangan musuh”

Kata-kata bak mantera ini meluncur dari Panglima Thariq bin Ziyad. Di bawah kepemimpinannya, bendera Islam berkibar di daratan Eropa. Thariq memimpin tentara Islam dari Afrika, mendarat di pantai Spanyol, dan menaklukannya.

Sejarawan Philip K. Hitti menilai penaklukan itu begitu istimewa. “Ini merupakan perjuangan besar yang terakhir dan paling sensasional bagi bangsa Arab, membawa masuknya wilayah Eropa yang sangat luas yang belum pernah mereka peroleh sebelumnya dalam kekuasaan Islam. Kecepatan pelaksanaan dan kesempurnaan keberhasilan operasi ke Spanyol ini mendapat tempat yang unik dalam sejarah peperangan abad pertengahan.

Kita bisa mengambil ibrah dari penaklukan yang dilakukan Thariq Bin Ziyad dalam kontek manajemen. Bagaimana fokus pada target adalah salah satu kunci keberhasilan Thariq dalam menaklukan Spanyol. Ketika kita fokus maka seluruh energi, pikiran, tenaga, dan doa kita mengarah pada target yang hendak dicapai. Selain itu juga akan memberikan pengaruh positif pada seluruh tim kita.

Focus menurut Arief Yahya memiliki definisi sederhana, “utamakan yang utama”. Arahkan seluruh potensi untuk mencapai target yang utama. Fokus Al Bayan Hidayatullah Makassar adalah peningkatan mutu untuk mewujudkan Al Bayan maju dan berdaya saing.

Jadi, apa saja yang berkaitan dengan faktor utama peningkatan mutu, itu yang menjadi fokus kita. Tidak perlu terlalu banyak, tetapkan tiga yang utama, misalnya untuk departemen pendidikan fokus pada peningkatan mutu pendidikan Al Quran, peningkatan mutu manajemen sekolah dan peningkatan mutu adab dan akhlak siswa. Kalau tiga yang utama sudah dihafal diluar kepada, maka kemungkinan kita sudah fokus.

Kalau dalam imagine kita menetapkan tujuan-tujuan akhir yang hendak dituju, maka dalam focus kita menetapkan prioritas-prioritas agar tujuan akhir bisa terwujud. Karena focus merupakan cermin kemampuan kita mengalokasikan seluruh sumber daya secara baik untuk melampuai target yang ditetapkan. Wallahu’alam bishawwab.■



BACA JUGA