Minggu, 1 Agustus 2021 | 15:17 Wita

Guru Hebat di Sekolah Bermula dari Sukses di Rumah

Editor: Firman
Share

Oleh : Ustadz Zainuddin Musaddad, Pegiat Parenting

HidayatullahMakassar.id — Kinerja dan prestasi guru di sekolah itu hanya efek. Ia adalah hasil dari kesuksesan yang tercipta di rumah.

Seorang guru asalnya menjadi guru berarti sudah punya ilmu mengajar. Di sana bakat dan minat biasanya sudah menyatu. Ada jadwal, kurikulum, dan juga metode.

Semua sudah punya aturan SOP. Tapi itu semua tidak bisa melahirkan kehebatan guru kalau tidak ditopang oleh jiwa pendidik.

Shalat berjamaah lima waktu dan ibadah- ibadah lainnya sebagai sumber utama kebahagiaan dan kesuksesan manusia. Jadi kebahagiaan itulah yang akan memancar dan menghasilkan semangat untuk berbagi manfaat di lingkungannya. Keteladanan, itu kuncinya.

Sehingga, kebutuhan keluarga akan Sakinah Mawaddah dan lain sebagainya itu bukan dicari di luar rumah. Ia juga bukan kalimat yang hanya ada di Makkah, Madinah, atau di lapisan langit ketujuh. Tidak ada di sana itu. Apalagi dicari di tempat-tempat wisata. Kebahagiaan itu dicipta di dalam rumah. Ia harus diprogramkan bersama keluarga.■ Mujtahidah

*) Disarikan dari Seminar Keluarga yang diadakan oleh Lembaga Pendidikan dan Pengkaderan Hidayatullah Balikpapan di Aula Serba Guna Prasmanan, Kel. Teritip, Balikpapan, Kalimantan Timur.



BACA JUGA