Jumat, 14 Mei 2021 | 14:48 Wita

Silaturahmi Syawal Pengurus Hidayatullah Sulselbar. Nashirul Haq Ingatkan Ujian Harta

Editor: Firman
Share

HidayatullahMakassar.id  — Dewan Pengurus Wilayah (DPW) Hidayatullah Sulsel menyelenggarakan kegiatan Silaturahmi Syawal 1442 H secara virtual bagi unsur pengurus DPW Sulsel dan DPw Sulbar serta DPD Hidayatullah se-Sulsel, Jumat (14/5/2021).

Hadir menyampaikan taujiah Ketua Umum Hidayatullah KH Dr Nashirul Haq Lc MA, Dewan Pertimbangan Hidayatullah DR H Abdul Aziz Qahhar Mudzakkar MSi dan Ketua Dewan Murabbi Wilayah Hidayatullah Sulsel Ust Ir Abdul Majid MA, dipandu Ketua DPW Hidayatullah Sulsel Ust Nasri Bukhari MPd.

Salah satu poin yang disampaikan Ust Nashirul kepada pengurus DPW dan DPD yang memadati ruang zoom meeting dan melalui chanel youtube AMC, Al Bayan Media TV, untuk mewaspadai ujian harta dan kekuasaan.

“Saat ini Islam (termasuk di dalamnya lembaga dakwah) menghadapi tantangan soliditas dan solidaritas dari ekternal dan lebih berat lagi tantangan internal,” ujarnya.

Tantangan eksternal yakni serangan Yahudi, komunis dan idiologi bertentangan dengan Islam. Sedangkan tantangan lebih berat dari internal berupa fitnah kekuasaan dan ujian harta.

Menurutnya tantangan ini telah diisyaratkan Rasulullah ketika bertanya kepada shahabat Abdurahman bin Auf dalam sebuah haditsnya ‘Jika Persia dan Roma ditaklukkan kalian akan seperti apa’.

Rasulullah khawatirkan jika ummat ini telah raih materi dan kekuasaan, berkata “Jangan-jangan kalian akan saling hasad”

Menurut alumnus Universitas Islam Madinah itu, ketika perang Badar tak ada yang ganggu ukhuwah muslimin. Sekarang kaum muslimin secara internal telah terganggu. Indikasinya musuh Islam tak lagi takut. Terlihat pemimpin sudah tergoda dengan fasilitas, ukhuwah kian renggang.

“Maka ukhuwah akan terjaga dengan soliditas kader, bukan tergantung pada jumlah banyak dan kemampuan finansial,” tegasnya. Hadir pula Bendahara Umum Hidayatullah Ust Marwan Mujahiddin SE MM.

Sedangkan Ust Majid mengingatkan pengurus untuk tak lalai atau mengendorkan amalan yang telah semangat ditunaikan saat Ramadhan. Karena amalan dan ketaqwaan sebaik bekal untuk meraih berkah dan kemudahan dari Allah.

“Jika saat Ramadhan bisa mengkhatamkan 3-5 juz quran tiap hari maka usai Ramadhan jangan sampai sebagai pengurus hanya membaca 1 juz quran seperti kader biasa,” ujar.

Di kesempatan yang sama, Ust Aziz menguatkan spirit perjuangan dakwah dan tarbiyah bagi para pengurus dengan merefresh pemahaman manhaj Nubuwah nuzulnya quran yang menjadi jati diri Hidayatullah. 

“Manhaj dan Imamah dua inti dari ruh Hidayatullah, yang menjadikan gerakan dan programnya khas. Misalnya Organisasi bermasalah biasanya karena tak berjalan mekanisme syura atau musyawarahnya,” katanya.

Ust Nasri menjelaskan, kegiatan Silaturahmi Syawal sengaja digelar secara virtual seiring masih terjadinya pandemi Covid19. “Tentunya untuk memudahkan pengurus bisa berdialog langsung dengan ketua DPP dan tokoh-tokoh senior Hidayatullah di Sulsel,” tuturnya.

Kegiatan tersebut bekerjasama dengan Albayan Media Corp (AMC) yang turut menyiarkan melalui chanel youtube dan akun Facebook.■ fir



BACA JUGA