Selasa, 27 April 2021 | 06:29 Wita

Syarat Harta Wajib Dizakatkan

Editor: Firman
Share

■ Konsultasi Ramadhan : Ust Abdul Qadir Mahmud MA, Kadep Dakwah & Pelayanan Ummat Yayasan Al Bayan Hidayatullah, Makassar

HidayatullahMakassar.id — Tanya
Assalamu ‘alaikum warahmatullahi wabarakatuh. Pak ustadz, Apakah ada syarat bagi harta yang wajib dikeluarkan zakatnya ?. Terimakasih atas jawabannya
Dari: L. Tawakkal di Bone Selatan

Jawab
Bismillah. Setiap ibadah yang diwajibkan mempunyai syarat demikian juga dengan zakat. Dan syarat harta sehingga wajib dikeluarkan zakatnya secara umum , yaitu;

(1) Dimiliki secara sempurna
Maksudnya adalah harta tersebut adalah milik di tangan individu dan tidak berkaitan dengan hak orang lain, dan harta tersebut disalurkan atas pilihannya sendiri.

(2) Termasuk harta yang berkembang.
Maksudnya adalah harta tersebut mendatangkan keuntungan dan manfaat bagi pemiliknya, atau harta itu sendiri berkembang dengan sendirinya.

(3) Telah mencapai nishab
Nishab adalah ukuran minimal suatu harta dikenai zakat.Setiap harta yang dikenai zakat, ada ketentuan nishab masing-masing.

(4) Telah mencapai haul (masa satu tahun).
Artinya harta yang dikenai zakat telah mencapai masa satu tahun (12 bulan Hijriyah). Syarat ini berlaku bagi zakat pada mata uang dan hewan ternak. Sedangkan untuk zakat hasil pertanian tidak ada syarat haul. Zakat pertanian dikeluarkan setiap kali panen.

(5) Kelebihan dari kebutuhan pokok
Harta yang merupakan kelebihan dari kebutuhan pokok. Sedangkan harta yang masih dibutuhkan untuk memenuhi kebutuhan pokok, maka seperti ini dikatakan tidak mampu.
Wallahu a’lam bish-shawab.



BACA JUGA