Senin, 5 April 2021 | 13:01 Wita

80 Santri Albayan Resmi Menjadi Kader Muda Hidayatullah. Daurah Marhala Ula Ditutup

Editor: Firman
Share

HidayatullahMakassar.id — Ketua Dewan Murabi Wilayah Hidayatullah Sulsel Ust Abd Majid MA resmi menutup kegiatan Daurah Marhala Ula (DMU bagi santri AlBayan Islamic School di aula Yayasan AlBayan, Makassar (5/4/2021).

Hadir pada kesempatan yang sama Ketua Yayasan AlBayan Kampus Utama Hidayatullah Makassar Ust Suwito Fatah MM dan Kepala Departemen Tarbiyah AlBayan Ust Arfah B. Daurah tingkat dasar pengkaderan Hidayatullah itu diikuti sebanyak 80an peserta.

“Alhamdulillah Hidayatullah hari ini telah lahir kader muda dari santri tingkat SMA kelas 2 dan 3 AlBayan Islamic School sebanyak 80an kader, bersama hampir 5000 kader muda se-Indonesia,” jelas Ust Abd Majid.

Dewan Pembina Yayasan AlBayan Hidayatullah tersebut berharap para kader muda memiliki tanggungjawab yang sama dengan kader senior menjaga dan memperjuangkan Islam melalui Hidayatullah.

Lebih lanjut Ust Majid menyampaikan yang paling mahal itu adalah komitmen sebagai kader. Dan nilai komitmen itu pada ketaatan dan ketaqwaan.

Mengutip sebuah firman Allah


اِنَّمَا كَانَ قَوْلَ الْمُؤْمِنِيْنَ اِذَا دُعُوْٓا اِلَى اللّٰهِ وَرَسُوْلِهٖ لِيَحْكُمَ بَيْنَهُمْ اَنْ يَّقُوْلُوْا سَمِعْنَا وَاَطَعْنَاۗ وَاُولٰۤىِٕكَ هُمُ الْمُفْلِحُوْنَ

Hanya ucapan orang-orang mukmin, yang apabila mereka diajak kepada Allah dan Rasul-Nya agar Rasul memutuskan (perkara) di antara mereka, mereka berkata, “Kami mendengar, dan kami taat.” Dan mereka itulah orang-orang yang beruntung.

“Tentu harapannya adalah kepada kalian semua karena ke depan kalian semua yang diharapkan untuk bisa melanjutkan estafeta kepimimpinan di Hidayatullah ini,” ujar Ust Majid.

Ust Suwito sebelumnya mengaku bangga atas antusias peserta selama 4 hari mengikuti daurah. “Semoga ini menjadi tanda kebangkitan Islam melalui kader-kader Hidayatullah,” ujarnya.

Daurah jelasnya, sebagai satu tahapan untuk mempersiapkan diri sebagai kader yang cerdas dan militan. Perjuangan melalui Hidayatullah ini cerah di masa yang akan datang dengan kehadiran kader-kader baru.

Arfah menjelaskan menindaklanjuti usai pelaksanaan daurah akan dibentuk kelompok atau halaqoh Ula pengajian kader sebagai sarana bimbingan dan tarbiyah lembaga kepada santri.

“Mudah-mudahan apa yang didapatkan selama empat hari ini bisa diaktualisasikan dan diimplementasikan dalam kehidupan kita sehari-hari,” harapan Ketua Pemuda Hidayatullah Sulsel pada masa itu.

DMU selama empat hari, 1-4 April 2021, berlangsung serempak di seluruh Indonesia dan dibuka oleh Ketua Umum Dewan Pengurus Pusat Ust DR H Nashirul Haq Lc MA dengan peserta hampir 5.000 orang tingkat SMA sederajat.■ laida



BACA JUGA