Minggu, 21 Maret 2021 | 21:30 Wita

Digagas Albayan Agro Wisata di Kawasan Pesantren Tahfiz Ummul Qura Hidayatullah

Editor: Firman
Share

HidayatullahMakassar.id — Ketua Dewan Pembina Yayasan Albayan Hidayatullah Makassar Ust DR Ir Abdul Aziz Qahhar Mudzakkar MSi mendorong pengurus Yayasan Albayan untuk segera merealisasikan pengembangan agro wisata di kawasan Ponpes Tahfiz Putra Albayan Islamic School Ummul Qura, Tompobullu, Maros.

Hal itu terungkap di sela peninjauan langsung pembuatan master plan kawasan Ponpes Ummul Qura, Ahad (21/3/2021). Hadir pada peninjauan tersebut konsultan Direktur Utama Panrita Sembilan, Ir Muaz Yahya dan Ketua Yayasan Albayan Suwito Fatah SPd MM, Ketua Badan Pengelola Ummul Qura Ust Muh Sultan dan jajaran pengurus yayasan.

“Kawasan Ponpes Ummul Qura seluas 16 hektar, kita rencanakan dibagi menjadi dua bagian. Yakni kawasan pendidikan dan pemukiman serta kawasan komersil Albayan Wisata Agro,” jelas Ust Aziz.

Beberapa kegiatan komersil yang akan mendukung kemandirian ekonomi ponpes diharapkan dikembangkan mulai dari wisata kebun, outbond pendidikan, hingga rest area.

Kegiatan lain menunjang kemandirian ekonomi ponpes oleh Yayasan Albayan, dalam waktu dekat segera dibuka resto Om Chick Crispy Chicken, peternakan ayam kampung super, konvensi hingga pembukaan lahan persawahan.

Kawasan Ponpes Ummul Qura saat ini berada di jalur strategis baru jalan nasional Makassar-Sinjai dan Malino yang saat ini dalam proses penyelesaian. “Kawasan Tompobulu Maros sudah ditetapkan sebagai kawasan wisata baru, grand desain pemerintah ini yang kita sesuaikan untuk master plan ponpes Ummul Qura,” ujar Muaz yang merupakan Sekjen Inkindo tersebut.

“Dengan adanya rencana usaha Albayan Agro Wisata ini kami membuka peluang bagi investor dan pelaku usaha yang berpengalaman mengembangkan wisata agro untuk bekerjasama mengembangkan potensi bisnis dari kawasan Ponpes Ummul Qura,” jelas Ust Wito.■ fir



BACA JUGA