Kamis, 15 Oktober 2020 | 12:25 Wita

DPD Hidayatullah Palopo Silaturahmi Bersama Rektor IAIN Palopo. Gagas Sinergi Dakwah Tarbiyah

Editor: Firman
Share

PALOPO, HidayatullahMakassar.id — Dewan Pengurus Daerah (DPD) Hidayatullah Palopo bersama pengurus DPW Hidayatullah Sulsel berkunjung dan bersilaturahmi kepada Rektor IAIN Kota Palopo Prof Dr Abd Pirol MAg.

“Kunjungan selain dimaksud menggagas peningkatan sinergi dakwah dan tarbiyah antara dua lembaga juga untuk mensosialisasikan penyelenggaraan Munas Hidayatullah,” jelas Ketua DPD Hidayatullah Palopo, Ust M Abd Wahab SPdI kepada rektor di ruangan kerjanya, Rabu (14/10/2020).

Munas V Hidayatullah akan dilaksanakan secara virtual di Depok 29-31 Oktober 2020. Juga dilaksanakan di 34 titik di Indonesia. Khusus di Sulsel dilaksanakan di Kampus Utama Hidayatullah di BTP Makassar.

Roadshow silaturahmi oleh pengurus Hidayatullah kepada tokoh dan pejabat di masing-masing daerah, salah satunya oleh DPD Hidayatullah Palopo sebagai rangkaian menyukseskan Munas Hidayatullah.

Hadir pada pertemuan itu pula pengurus DPD Hidayatullah Palopo lyang mendampingi dampingi Bendahara DPW Hidayatullah Sulsel Ust Abd. Jabbar SE.

Kepada rombongan pengurus Hidayatullah tersebut, Prof Abd Pirol berharap Hidayatullah juga melahirkan kader untuk sektor kesehatan, selain kader dakwah dan tarbiyah.

“Sehingga ada kader Hidayatullah yang tampil memberikan pencerahan dengan oemahaman syariat terkait isu kesehatan seperti di pandemi Covid-19 ini,” tuturnya.

Ia juga mengusulkan agar Hidayatullah di tingkat kabupaten tetap mengikuti perkembangan zaman dengan tetap mengikuti pola kepesantrenan, seperti teknologi, desain bangunan dengan tetap memperhatikan keindahan dan lainnya. “Sehingga pesantren tidak terlihat ketinggalan zaman dan kumuh,” harapnya.

Ust Abd Wahab menambahkansinergi antara Hidayatullah di Tanah Luwu dengan IAIN Palopo selama ini telah terbangun.

Beberapa alumni SMA sederajat yang dikelola Hidayatullah rata-rata melanjutkan pendidikan tinggi di IAIN Palopo.

Hidayatullah di Tanah Luwu saat ini mengelola SMA Hidayatullah Towuti, SMK Hidayatullah Masamba, MA Hidayatullah Palopo dan SMA Hidayatullah Belopa.

Khusus DPD Hidayatullah Palopo mengelola sekolah dari tingkat TK SD, SMP dan MA. Juga melaksanakan program tahfidz, bahasa dan baca kitab.

Dalam waktu dekat DPD Hidayatullah Palopo akan menetapkan DPC baru untuk Kecamatan Sendana lengkap dengan pondok pesantren. 

“Kami juga sedangkan menggagas program pengembangan ekonomi antara lain pendirian depot air minum,” tambahnya.■ fir



BACA JUGA