Jumat, 21 Agustus 2020 | 15:32 Wita

Keberkahan Makkah oleh Doa Ibrahim

Editor: Firman
Share

■ Tafsir As Sa’di Surah Al Baqarah Ayat 126

HidayatullahMakassar.id — Kajian rutin Tafsir As Sa’di oleh Ust Hendra Wijaya Lc MH di Masjid Umar Al Faruq Hidayatullah Makassar telah memasuki pembahasan Surah Al Baqarah ayat 124 hingga 126.

Berikut ulasan terakhir dari catatan kajian tiga ayat tersebut pada Kamis  1 Muhharam 1442 H (20/8/2020).

 وَإِذْ قَالَ إِبْرَٰهِۦمُ رَبِّ ٱجْعَلْ هَٰذَا بَلَدًا ءَامِنًا وَٱرْزُقْ أَهْلَهُۥ مِنَ ٱلثَّمَرَٰتِ مَنْ ءَامَنَ مِنْهُم بِٱللَّهِ وَٱلْيَوْمِ ٱلْءَاخِرِ ۖ قَالَ وَمَن كَفَرَ فَأُمَتِّعُهُۥ قَلِيلًا ثُمَّ أَضْطَرُّهُۥٓ إِلَىٰ عَذَابِ ٱلنَّارِ ۖ وَبِئْسَ ٱلْمَصِيرُ 

Arti: Dan (ingatlah), ketika Ibrahim berdoa: “Ya Tuhanku, jadikanlah negeri ini, negeri yang aman sentosa, dan berikanlah rezeki dari buah-buahan kepada penduduknya yang beriman diantara mereka kepada Allah dan hari kemudian. 

Allah berfirman: “Dan kepada orang yang kafirpun Aku beri kesenangan sementara, kemudian Aku paksa ia menjalani siksa neraka dan itulah seburuk-buruk tempat kembali”.(126)

Ayat ini mengungkapkan doa yang lain dari Nabi Ibrahim jadikan Makkah sebagai tempat yang aman. Padahal saat itu belum banyak penghuni dan rawan kejahatan.

Doa ini diijabah Allah ta alla. Sehingga kaum Quraish walau masih musrik tak ada kabilah yang berani mengganggunya.

Doa yang keempat agar Allah berikanlah rejeki terhadap penduduk kampung ini (Makkah) tumbuhan dan makanan. Dan kita ketahui hingga saat ini semua jenis makanan bisa didapatkan di Tanah Haram.

Dari 3 ayat Al Baqarah (124, 125 dan 126 terdapat faedah

1. Allah akan balas orang saleh di dunia dan akhiratnya

2. Bagi yang beramal shaleh jadikan tawasul untuk berdoa meminta ampunan, rejeki dan surga Allah.

—000—

Selengkapnya dikutip dari Tafsir As Sa’di menjelaskan malna ayat ini :

Pada ayat (126) mengandung perintah Allah Ta’ala kepada rasulNya untuk mengingatkan kembali doa Nabi Ibrahim kepada Rabbnya agar menjadikan Mekah sebagai negeri yang aman dan damai bagi siapa saja yang memasukinya, aman bagi dirinya, hartanya, dan kehormatannya. 

Juga agar memberikan rizqi bagi penduduknya yang mukmin dengan buah-buahan. 

Sesungguhnya Allah telah mengabulkan doa Nabi Ibrahim, namun orang-orang kafir tetap mendapatkan rizqi di dunia, akan tetapi haram bagi mereka masuk ke dalam surga di akhirat nanti. 

Karena Allah Ta’ala telah memaksa mereka untuk merasakan adzab yang pedih di neraka. Sungguh amat buruk tempat kembali mereka, dan neraka sejelek-jelek tempat kembali. 

Pelajaran dari ayat : 

• Keberkahan doa Nabi Ibrahim bagi penduduk Mekah, dengan dikabulkannya doa beliau oleh Allah Ta’ala. 

• Orang kafir tidak terhalang rizqinya disebabkan kekufurannya, akan tetapi dia memperoleh hak dan kesempatan hidup kecuali termasuk golongan yang memerangi kaum muslimin sehingga harus di bunuh, atau masuk Islam. 

• Tempat kembali bagi orang kafir yang mati adalah neraka. Tidak bisa ditawar lagi. Bahkan mati di tanah haram tidak bermanfaat sama sekali bagi orang kafir.■ fir

Referensi: https://tafsirweb.com/562-quran-surat-al-baqarah-ayat-126.html



BACA JUGA