Minggu, 12 Januari 2020 | 07:41 Wita

Motivasi Ihsan

Editor: Firman
Share

Spirit Al Bayan, Oleh Suwito Fatah SPd MM

HidayatullahMakassar.id — Motivasi itu ada dalam diri kita, dan munculnya suatu semangat dalam diri kita ada pada jiwa kita. Motivasi mengerjakan sesuatu ada tiga hal yaitu ketakutan, harapan dan ihsan.

Ada orang yang mengerjakan sesuatu karena takut dengan risiko jika dia tidak melakukannya, misalnya, jika tidak mencapat target, bonus akan berkurang, atau gaji akan dipotong bahkan bisa dipecat dari perusahaan. Ini motivasi tingkat pertama yaitu ketakutan. Melakukan pekerjaan sebagai kewajiban dengan berat hati, dan sekedar menggugurkan kewajiban.

Setiap manusia senang jika mendapatkan imbalan atas pekerjaannya. Imbalan ini bisa berupa materi atau non materi seperti pujian dan penghargaan. Dia bekerja bersungguh-sungguh mencapai target karena akan mendapatkan bonus jika berhasil. Inilah motivasi harapan dalam mengerjakan sesuatu.

Orang yang pada tingkatan ini akan mudah menggapai kesuksesan dalam bekerja. Tapi belum menjamin lahirnya kebahagiaan setelah mencapai keberhasilan. Setelah mencapai harapan, terasa ada kehampaan dan akhirnya akan kehilangan makna.

Dan ketika kita memiliki keyakinan bahwa setiap pekerjaan dilakukan dengan motivasi ihsan, maka kita akan mempersembahkan yang terbaik. Mengerjakan sesuatu dengan sebaik-baiknya maka perbuatan tersebut akan dibalas Allah dengan yang lebih baik, di dunia maupun di akherat.

Agar bisa mengerjakan sesuatu dengan ihsan, maka apa yang dikerjakan harus inside out, lahir dari dalam diri kita sendiri yang dilandasi dengan niat yang benar.(*)

*) Ketua Yayasan Al Bayan Hidayatullah Makassar



BACA JUGA