Kamis, 16 Februari 2023 | 19:44 Wita

Ayat Qauniyah dan Kauliyah pada Arsitektur Masjid

Editor: Humas Yayasan Al Bayan Hidayatullah Makassar
Share

Oleh : Ir Muaz Yahya, Arsitek dan Dirut Wadi Barakah

HidayatullahMakassar.id — Agar masjid nyaman secara spritual dan nyaman secara arsitektural, maka Arsiteknya harus memahami ayat-ayat qauliyah dan ayat-ayat kauniyah.

Ayat-ayat qauliyah adalah ayat-ayat yang difirmankan oleh Allah SWT di dalam Al-Qur’an. Ayat-ayat ini menyentuh berbagai aspek, termasuk tentang masjid.

Ayat kauniah adalah ayat atau tanda yang ada di sekeliling kita yang diciptakan oleh Allah SWT.

Penulis baru-baru ini mendapat kehormatan membahas dan membedah desain Masjid Kampus Universitas Islam Makassar (UIM) karya Arsitek Senior Baskoro Tedjo, dan desain Masjid Kampus Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar (UINAM) karya Arsitek Aisyah Rahman.

Bedah Desain Arsitektur Masjid Berbasis Kearifan Lokal ini diselenggarakan oleh Prodi Arsitektur UINAM bekerjasama dengan Ikatan Arsitek Indonesia Sulsel (12 April 2021).

Masjid kampus selain sebagai sarana ibadah, masjid kampus juga merupakan pusat perkembangan pengetahuan agama dan syiar islam di lingkungan kampus, wadah yang strategis dalam membina dan membentuk karakter mahasiswa.

Sehingga masjid kampus sangat berperan besar sebagai pusat pengembangan budaya dan peradaban Islam.

Masjid Kampus UIM didesain untuk merespon perubahan dan perkembangan Kampus UIM yang berada pada daerah urban, sehingga pola cityscape menjadi jiwa dan ruhnya masjid ini.

Cityscape dalam seni visual adalah representasi artistik lansekap urban, seperti lukisan, gambar atau foto dari aspek fisik kota atau daerah urban. Disain masjid menyatu padu dengan kampus UIM yang mencerminkan modernitas.

Adapun Masjid Kampus UINAM adalah masjid yang menjadi simbol peradaban kampus. Disainnya didominasi dengan pola dan ornamentasi geometri berkomposisi oktagram khas Arsitektur Islam dari varian pola dasar Rub Al Hizb dari Al Qur’an dengan skala gigantic.

Rub Al Hizb adalah pola segi delapan dijumpai di Al – Qur’an sebagai penanda bacaan telah mencapai seperempat Hizb.

Hizb adalah satuan jumlah dari kumpulan ayat yang kira-kira sebanding panjangnya. Al Qur’an mempunyai 60 Hizb. Komposisi oktagram disain masjid dipadupadankan dengan seni kaligrafi Islam.

Masjid adalah rumah Allah yang memiliki kedudukan istimewa dengan banyak manfaat bagi umat Islam.

…… Sesungguhnya yang memakmurkan masjid-masjid Allah ialah orang yang beriman kepada Allah dan hari kemudian, serta tetap mendirikan shalat, menunaikan zakat dan tidak takut (kepada siapapun) kecuali kepada Allah, maka semoga mereka menjadi golongan yang mendapatkan petunjuk. (QS at-Taubah : 18)

Acara Bedah Desain Arsitektur Masjid Berbasis Kearifan Lokal ini diselenggarakan oleh Prodi Arsitektur UINAM bekerjasama dengan Ikatan Arsitek Indonesia Sulsel (12 April 2021).(*)



BACA JUGA