Minggu, 7 November 2021 | 10:07 Wita

Kepribadian Muslimah Ideal

Editor: Firman
Share

Oleh: Sakinah Azzahra, Mahasantri Albayan Hidayatullah Makassar

HidayatullahMakassar.id — Seorang Muslimah yang ideal menurut al qur’an adalah wanita yang meyakini Allah dari hatinya, berserah diri kepada Nya dan meyakini bahwa Allah satu satunya yang memiliki segala kuasa. Muslimah yang ideal hanya akan memohon pertolongan dari Allah dan percaya hanya Dia yang mampu mengarahkan baik buruknya keadaan

Seorang Muslimah yang ideal menjadikan Allah sebagai sahabat terdekat dan tempat bersandar. Ia percaya Allah akan selalu ada untuknya dan senantiasa menjaganya di mana pun ia berada.

Seorang muslimah ideal tidak pernah lupa mensyukuri segala nikmat yang diberikan Allah kepadanya. Tidak pernah ada sedikit pun muncul keraguan akan keberadaan Allah di hati seorang Muslimah.

Ia selalu setia kepada Tuhannya baik dalam keadaan senang maupun dalam keadaan sulit sekali pun. Bahkan meskipun permasalahan datang silih berganti, seorang Muslimah tak pernah menyerah dan putus asa menanti pertolongan Nya.

Semua solusi menjadi seorang Muslimah yang ideal sejatinya dapat ditemukan di dalam Al qur’an. Karna pada dasarnya Islam adalah agama yang benar-benar menghargai dan melindungi wanita.

Wanita adalah makhluk Allah yang paling unik. Wanita juga memiliki keistimewaan keistimewaan yang sangat luar biasa dan kelebihan tersendiri sehingga menjadi makhluk yang special dalam Al qur’an.

Dengan begitu, para wanita terbebas dari anggapan salah yang selama ini menyelimutinya. Dalam diri wanita ada sifat dan karakter yang sangat khas sehingga memiliki kepribadian yang berbeda dengan lawan jenisnya.

Malu
Rasa malu pada wanita sudah menjadi sifat dan fitrah yang tidak bisa dipisahkan. Hakikat rasa malu merupakan akhlak yang muncul dari dalam diri seseorang untuk meninggalkan suatu keburukan, menghentikan kelalaian dan munculnya perilaku buruk kepada orang lain.

Malu merupakan salah satu perilaku manusia yang termasuk dalam kategori akhlak mulia, apabila digunakan dengan sebaik mungkin dan dalam batasan tertentu.

Sabar
Sifat sabar menjadi wajib yang harus dimiliki oleh setiap wanita ketika akan menjalani kehidupan yang sesungguhnya. Para wanita wajib memiliki sifat sabar ketika berumah tangga.

Misalnya dalam mendidik anak mengerjakan pekerjaan rumah, serta melayani suami, khidmat dan patuh kepada suami merupakan kewajiban dan contoh akhlak wanita muslimah yang ideal.

Mendidik dan mengasuh anak adalah pekerjaan wanita muslimah yang memiliki pahala yang sangat besar. Jika dia mampu bersabar dalam menjalaninya, maka baginya adalah syurga yang penuh kenikmatan.

Menjadi muslimah yang ideal hendaknya menjadi cita-cita setiap wanita karena wanita muslimah tentunya disukai Allah dan orang orang di sekitarnya. Muslimah ideal juga diharapkan senantiasa melaksanakan amar ma’ruf nahi munkar dan menjalankan segala perintah Allah.

Pada intinya, muslimah ideal menurut Islam adalah wanita yang menjalankan syari’at Islam, selalu berada dalam keta’atan agar tidak menjadi lumbung fitnah atau pintu masuk kemaksiatan.■



BACA JUGA