Sabtu, 9 Oktober 2021 | 13:56 Wita

Menjadi Muslimah Milenial Sesuai Tuntunan Rasulullah

Editor: Firman
Share

Oleh: Siti Delima, Mahasantri Albayan Hidayatullah Makassar

HidayatullahMakassar.id — Zaman milenial ini adalah zaman di mana teknologi serba canggih dan hampir segala sesuatu itu bisa dilakukan dengan cepat dan instan.

Kemudahan yang dijanjikan oleh kemajuan di era milenial tentnua sebanding dengan tantangannya, termasuk bagaimana menghadapi godaan agar tetap menkadi muslimah di era milenial ini

Bagaimana sih… sebenarnya pandangan Islam terhadap muslimah milenial ?

Sebagai muslimah milenial haruslah kita pintar membawa diri atau pandai dalam mengekspresikan diri sesuai perkembangan zaman.

Menjadi Muslimah bukan berarti kita tidak akan bebas dalam mengadaptasikan diri dengan lingkungan sekitar. Akan tetapi sebagai muslimah hidup di zaman milenial maka kita harus ikut di dalamnya sesuai tuntunan Rasullah.

Sheikh Abdul Aziz bin Baz mengatakan “Islam itu tidak melarang wanita untuk bekerja dan berbisnis, karena Allah jalla wa’ala mensyariat atau memerintahkan hambanya untuk bekerja.”

Sebagai mana kata Allah dalam firmanNya “Katakan wahai Muhammad bekerjalah kalian maka Allah, rasulnya, dan para mukminin akan melihat pekerjaan mu. . (QS. surah at-Taubah :105).

Muslimah merupakan identitas mulai yang diberikan Allah SWT kepada kaum muslimah yang beriman. Di era kecanggihan teknologi ini seorang muslimah dituntut untuk tegas terhadap dirinya dan lingkunganya.

Seperti yang menjadi hal biasa kita temui dimana sebagian muslimah tanpa rasa malu untuk berjoget dengan pakaian syar’i dan ditonton oleh publik.

Padahal ejatinya wanita itu harus punya rasa malu. Maka kalau dia tidak ada rasa malu dia bukan wanita.

Maka di era milenial ini tentulah kita sebagai muslimah harus tahu dan mampu menjaga harga dirinya dan agamanya. Harus menjadi contoh bagi masyarakat baik lewat sosial media maupun dalam kehidupan sehari-hari.

Jangan sampai kita memberikan contoh yang buruk. Dan mengatasnamakan syar’i karena itu akan merusak generasi muslimah lainnya.

Menjadi muslimah di era milenial setidaknya harus memiliki tiga bekal

1. Muslimah harus memiliki keimanan yang teguh terhadap pemahaman agamanya.
2. Muslimah harus memiliki ilmu pengetahuan.

3. Dan memiliki keterampilan.

Jika telah memiliki ketiganya maka insyallah akan mampu bertahan di zaman milenial sesuai tuntunan Rasulullah. Wallahuallam.■



BACA JUGA