Selasa, 6 Juli 2021 | 06:06 Wita

Khatam Iqra dan Tamasya Ukhuwah Pesantrwn Lorong Raudhah Indonesia

Editor: Firman
Share

HidayatullahMakassar.id — Sebanyak 100 santri dan guru mengaji yang terdiri dari ibu-ibu dan bapak-bapak mengikuti acara syukuran khatam iqra yang dirangkai dengan Rihlah (Tamasya) Pesantren Lorong Raudhah Indonesia.

Kegiatan yang berlangsung di lokasi tamasya Tanjung Bayang, Ahad (4/7/2021), mengusung tema “Rihlah Ukhuwah Bersama Al-Qur’an”.

Koordinator acara rihlah dan syukuran  Pesantren Lorong Raudhah Indonesia, H Kamading, menyampaikan bahwa syukuran khatam iqra yang dilaksanakan kali ini terbilang spesial, pasalnya pesertanya adalah ibu-ibu dan bapak-bapak yang tergabung di Majelis Cinta Al-Qur’an dan Majelis Shahibul Qur’an binaan Pesantren Lorong Raudhah Indonesia.

Menurut H.Kamading, ibu-ibu dan bapak-bapak yang belajar Al-Qur’an dengan menggunakan metode iqra dibagi dalam dua kategori yakni yang belum bisa membaca Alqur’an dan memperbaiki bacaan.

Lebih lanjut disampaikan, syukuran khatam kali ini dirangkaikan dengan rihlah atau tamasya bersama Alqur’an, sehingga tamasya ini berdimensi pendekatan diri kepada Allah dengan melihat berbagai kebesaran Allah ta’ala yang terhampar di Tanjung Bayang ini.

Sementara itu, Pimpinan Pesantren Lorong Raudhah Indonesia Ustadz Rahim Mayau menyampaikan bahwa ada dua rangkaian acara yang mengiringi acara puncak di Tanjung Bayang yakni Pelatihan Tartil Alqur’an Guru Mengaji dan Lomba Tartil Guru Mengaji Tingkat Pesantren Lorong Raudhah Indonesia.

Kegiatan yang telah berlangsung dari 22 Juni sampai dengan 2 Juli 2021 di lokasi pembangunan Masjid Pesantren Lorong Raudhah Indonesia Kompleks Mangga Tiga Permai Paccerakkang Makassar, telah menetapkan pemenang lomba tartil masing-masing.

Pemenang Golongan Guru Mengaji Ibu-Ibu Majelis Cinta Al-Qur’an Juara 1 Satriani Palmi, Juara 2 Nurlina, Juara 3 Reni, Juara Harapan 1 Hj.Sutriani, dan Juara Harapan 2 Marni.

Juara Lomba Tartil Al-Qur’an Golongan Guru Mengaji Remaja Majelis Tahfidzul Qur’an Putri : Juara 1 Ainun Nafisa Andira, Juara 2 Tri Rezki Febrianti, Juara 3 Nur Aisyah, Juara Harapan 1 Sahira Magfirah, dan Juara Harapan 2 Ifni Zahwa Lestari. Masing-masing juara mendapatkan piagam penghargaan dan uang pembinaan.

Lebih lanjut Ustadz Rahim Mayau yang juga da’i Parmusi berharap agar kegiatan pelatihan dan lomba, serta kegiatan syukuran khatam iqra yang dibarengi kegiatan rihlah (tamasya) dapat menjadi agenda rutin tahunan yang mendukung terbangunnya kualitas pesantren dan
ukhuwah silaturrahim yang akan saling menguatkan pembina, guru mengaji dan santri di lingkup Pesantren Lorong Raudhah Indonesia.■ rls/fir



BACA JUGA