Minggu, 9 Juni 2024 | 01:08 Wita

SMP-SMA Al Bayan Wisuda 109 Alumni. AQM Ajak Perkuat Gen Z dengan Quran

Editor: admin
Share

HidayatullahMakassar.id — SMP-SMA Al Bayan Fullday dan Boarding School Hidayatullah Makassar kembali menamatkan seratusan alumni.

Penamatan dilaksanakan pada kegiatan Haflah Akhirussanah di aula AURI, Jl Perintis Kemerdekaan, Daya, Makassar, Sabtu (8/6/2024).

Hadir menyampaikan spirit Pendiri dan Ketua Dewan Pembina Yayasan Al Bayan Hidayatullah Makassar Ust Dr Abdul Aziz Qahhar Mudzakkar MSi.

Ia mengajak orangtua dan masyarakat untuk memperkuat karakter anak dan generasi Z (maupun gen Alfa) dengan Al Qur’an.

“Fenomena ada 10 juta gen Z yang tak mau sekolah dan tak mau bekerja adalah ancaman gagalnya potensi demografi, sebagaimana Brazil telah mengumumkan kegagalannya,” urai Ust AQM.

Hal itu bisa dihindarkan dengan mengelaborasi kan Qur’an pada kehidupan sehari-hari. “Mari menjadikan Qur’an tidak saja dibaca untuk memahami ancaman dan kewajiban dari Allah tapi juga pemberi kegembiraan, peringatan untuk jalan yang benar dan rasakan kebahagiaan,” ajaknya.

Menurutnya, jika dalam keluarga belum tenang masih banyak marah kepada anak dan anak masih bersikap menjengkelkan berarti Qur’an belum menjadi karakter dan masih bermasalah akhlak Qur’anya di keluarga kita.

“Melalui pendidikan Islam di pesantren dan sekolah Islam merupakan upaya mengajarkan dan membiasakan anak berakhlak Qur’an, seperti oleh SMP-SMA Al Bayan,” jelasnya.

Al Bayan Islamic School dengan program fullday dan Boarding menerapkan kurikulum berbasis Qur’an tegasnya ingin melahirkan generasi Qurani yang unggul dan berkarakter.

“Hanya dengan berQuran kita bisa unggul. Karena kehidupan tanpa Qur’an sebuah kehampaan dan kesesatan,” tegasnya.

Ketua Yayasan Al Bayan Hidayatullah Makassar Ust Suwito Fatah MM pada kesempatan yang sama mengajak kepada alumni dan keluarga untuk terus mendapatkan pembinaan Qurani.

“Selain alumni SMP yang lanjut ke SMA atau alumni SMA lanjut ke STAI Al Bayan dan yang melanjutkan pendidikan di tempat lain kita tetap berharap mengikuti halaqah sebagai keluarga besar Hidayatullah,” ujarnya.

Karena dimana pun hendak melanjutkan pendidikan, insyallah ada Hidayatullah tempat kembali. Pesantren Al Bayan Hidayatullah Makassar merupakan bagian dari 643 pesantren Hidayatullah yang tersebar di seluruh Indonesia.

Sebelumnya, Ketua Departemen Tarbiyah Yayasan Al Bayan Ust Muh Arfah SPdI MM mengungkapkan, tahun ajaran 2023-2024 Al Bayan Islamic School menamatkan 109 santri SMP-SMA.

“Ini angkatan ke 27 dengan total alumni mencapai 2000an orang yang telah tersebar dan berkiprah diberbagai wilayah dan profesi,” rincinya.

Turut hadir anggota Dewan Pembina Yayasan Al Bayan Ust Ir H Abdul Majid MA Dewan Pengawas Ust Drs Muhammad Kaisar, dan jajaran pengurus.

Penamatan berlangsung khidmat oleh penampilan nasyid para santri sebagai dukungan terhadap Palestina. Ditutup oleh suasana haru para orangtua yang bersyukur atas hasil akhir hafalan Qur’an dari anak masing-masing.(AMC)



BACA JUGA