Rabu, 13 Oktober 2021 | 09:48 Wita

Jangan Salah Pilih Teman

Editor: Firman
Share

Oleh: Martiza Aulia Putri, Mahasantri Albayan Hidayatullah Makassar

HidayatullahMakassar.id — Sebagai mahluk sosial kita memang tidak bisa hidup tanpa orang lain, kita butuh teman dalam hidup ini. Tapi jangan sampai salah memilih teman atau kawan.

Permisalan teman yang baik dan buruk itu ibarat seorang penjual minyak wangi dan seorang pandai besi. Penjual minyak wangi mungkin akan memberimu minyak wangi atau engkau bisa membeli minyak darinya dan kalaupun tidak, engkau tetap mendapatkan bau harum darinya.

Sedangkan pandai besi bisa jadi (percikan apinya) mengenai pakaianmu dan kalaupun tidak engkau akan mendapatkan bau asapnya yang tak sedap ” (HR Bukhari Muslim).

Maka dalam pergaulan kita harus teliti dan pandai memilih teman baik, shalih/shalihah, yang benar-benar memberikan kecintaan yang tulus, selalu memberi nasihat, dan menujukkan kebaikan. Karena bergaul dengan orang-orang shalih atau shaliha akan menjadikannya sebagai teman yang selalu mendatangkan manfaat dan pahala yang besar, juga akan membuka hati untuk menerima kebenaran.

Carilah teman dan sahabat yang dapat mengingatkanmu lebih dekat dengan Allah. Sebab bergaul dengan orang-orang shaleh dapat merubahmu dari 6 perkara menuju 6 perkara lainnya:

• Dari ragu menjadi yakin
• Dari riya’ menjadi ikhlas
• Dari lalai menjadi ingat kepada Allah
• Dari cinta dunia menjadi cinta akhirat
• Dari sombong menjadi tawadhu’
• Dari niat yang buruk menjadi niat yang baik.

Keberadaan teman sebagai seseorang memang sangat mempengaruhi. Banyak orang yang terjerumus ke dalam lubang kemaksiatan dan kesesatan karena pengaruh teman bergaul yang jelek.

Namun juga tidak sedikit orang yang mendapatkan hidayah dan banyak kebaikan disebabkan bergaul dengan teman shaleh. Maka karena itu hendaknya kita dalam memilih teman dan memperhatikan bagaimana akhlak dan agama yang menjadi teman dekat kita.

Sebab salah satu penyesalan penduduk neraka kelak adalah karena ia salah memilih teman dekat. “Karena seorang teman sejati adalah dia yang memberi nasihat ketika melihat keselahanmu dan dia yang membelamu saat kamu tidak ada” (Ali bin Abi Thalib).■



BACA JUGA