Selasa, 12 Oktober 2021 | 10:42 Wita

Merasa Sudah Sempurna

Editor: Firman
Share

Oleh: Adila, Mahasantri Al Bayan Hidayatullah Makassar

HidayatullahMalassar.id — Seseorang merasa sempurna. Hal ini banyak ditemukan. Apalagi sejak zaman para nabi hingga saat ini banyak orang merasa paling sempurna padahal kita semua sudah mengetahui bahwa manusia tidak ada yang sempurna.

Salah satu kebanggaan manusia zaman sekarang adalah terkait harta. Mereka rela meninggalkan shalat demi mendapatkan harta yang berlimpah. Padahal harta itu tidak akan mengikutinya hingga liang lahatnya, sebagaimana dalam Quran Al Qasas : 77.

Allah dalam firmaNya tersebut menjelaskan kejarlah kebahagian akhirat maka insya Allah dunia pasti mengikutimu.

Bahkan bukan hanya tentang harta yang menjadi problem manusia saat ini tapi juga fitnah wanita. Membiarkan auratnya dinikmati lelaki.

Padahal dalam Al Qur’an surah An Najm 32 dikatakan bahwa orang-orang yang baik itu adalah orang-orang yang bisa menghindari perbuatan keji.

Sebagaimana dalam hadist nabi shallallahu alaihi washallam bersabda yang artinya “Janganlah mengatakan diri kalian suci sesungguhnya Allah yang lebih tahu manakah yang baik di antara kalian “(HR Muslim no 2142).■

Untuk itu, wahai para saudarahku janganlah kalian menganggap diri kita sendiri yang paling sempurna karna sesungguhnya yang dapat menilai hanya Allah dan Allah Swt. Yang dapat membolak balikkan hati manuasia. Oleh karna itu mari muhasaba diri kita masing – masing dan jangan lupa saling mengingatkan dalam kebaikan bukan malah merendahkan.



BACA JUGA