Selasa, 12 Oktober 2021 | 08:28 Wita

Keutamaan Shalat Qobliyah Shubuh

Editor: Firman
Share

Oleh: Yanto Karama, Mahasantri Albayan Hidayatullah Makassar

HidayatullahMakassar.id — Sebagian masyarakat menganggap shalat sunnah Qabliyah Subuh sebagai amalan biasa. Padahal mempunyai keutamaan yang sangat luar biasa. Sebagaimana disebutkan dalam hadist:

“Dua rakaat fajar (shalat sunah qobliyah shubuh) lebih baik daripada dunia dan seisinya.” (HR. Muslim).

Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu berkata bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah bersabda tentang keutamaan luar biasa dari shalat subuh yang termasuk dalam shalat fajar.

Sholat qobliyah subuh ini memiliki keistimewaan tersendiri, karena Rasulullah juga selalu menjaga amalan sunnah yang satu ini.

Karena besarnya keutamaan shalat qobliyah subuh maka sebaiknya tidak dilewatkan begitu saja. Meskipun amalan ini hanyalah sunnah, namun kebaikan yang akan kita dapatkan setelah mengerjakannya lebih baik dari dunia dan seisinya.

Jadi tidak ada alasan lagi untuk kita tidak melakukan amalan ini, diibaratkan ketika kita rutin melakukan amalan ini, itu sama halnya kita mendapatkan dunia dan seisinya di setiap subuh, dan semua amalan-amalan itu akan kita panen di hari kemudian nanti (Yaumul hisab).■



BACA JUGA