Selasa, 27 April 2021 | 18:38 Wita

Fokus Islam BTP-Albayan Hidayatullah Roadshow Pelatihan Pengurusan Jenazah

Editor: Firman
Share

HidayatullahMakassar.id — Team Layanan Ummat Forum Komunikasi (Fokus) Islam BTP menggelar roadshow pelatihan Pengurusan Jenazah ke setiap masjid sekawasan BTP, Tamalanrea, Makassar.

Pelatihan berlangsung setiap bakda shalat subuh ini menggandeng Yayasan Albayan Hidayatullah, Ketua Dakwah Al-Bayan Ustadz Abdul Qadir sebagai narasumber sekaligus mentor dalam setiap simulasi.

Ustadz Abdul Qadir dalam pelatihan itu menjelaskan paling tidak ada 3 standar dalam pengurusan jenazah. Pertama: Standar syar’i artinya pengurusan jenazah harus sesuai sunnah. Kedua: Standar Kesehatan.

“Ini sangat penting bagi pelaksana atau pemandi untuk memperhatikan protokol kesehatan, misalnya penggunaan masker dan sarung tangan dan lain-lain,” rincinya. Hal ketiga menurutnya, terkait standar layanan.

Ketua Layanan Ummat Fokus BTP Ust Irwansyah Nadir menjelaskan kegiatan tersebut sebagai komitmen memberi layanan terbaik kepada ummat dalam pengurusan jenazah.

Beberapa layanan terkait hal itu, katanya, seperti tersedianya kain kafan, ambulance yang selalu stand by jika ada warga BTP yang membutuhkan.

Sekretaris Layanan Ummat Fokus BTP Ust Hasriadi menambahkan pihaknya selalu berkomitmen untuk memberikan layanan maksimal khususnya dalam pengurusan jenazah.

“Oleh karena itu kami berharap kepada seluruh masjid turut berpartisipasi dalam kegiatan yang mulia ini, seperti dalam ikut berpartisipasi dalam opersional ambulance serta pengadaan kain kafan bagi warga yang kurang mampu,” tuturnya.

Selain itu rinci Pj Ambulance ust Suaib, diharapkan ada relawan yang bisa on time sebagai driver pengantar jenazah jika sewaktu-waktu dibutuhkan. “Semoga upaya ini menjadi amal jariyah bagi kita semua ujar ust Irwansyah.■ qdr



BACA JUGA