Sabtu, 16 Januari 2021 | 08:53 Wita

Kajian Kitab Bhulughul Maram : Faidah Kitab

Editor: Firman
Share

Dakwah Al Bayan (1)
Oleh: Ust Abdul Qadir Mahmud MA, Kadep Dakwah & Pelayanan Ummat Yayasan Al Bayan Hidayatullah, Makassar

HidayatullahMakassar.id — Kitab Bulughul Maram merupakan Kitab Hadits yang ditulis oleh seorang ahli hadits dari mazhab Syafi’i yang terkemuka. Beliau adalah Syihabuddin Abul Fadhl Ahmad bin Ali bin Muhammad bin Muhammad bin Ali bin Mahmud bin Ahmad bin Hajar yang kemudian lebih dikenal denagan Al-Hafidz Ibnu Hajar Al-Asqalani.

Bulughul Maram merupakan salah satu kitab yang masyhur di kalangan penuntut ‘ilmu dan para dai’ bahkan masyarakat muslim pada umumnya. Kitab ini berjudul lengkap “Bulughul Maram Min Adillatil Ahkam”, berisi kumpulan hadits-hadits Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wasallam dalam masalah-masalah hukum syar’i .

Kitab Bulughul Maram ini banyak dijadikan sebagai sumber pengambilan ( istimbath) hukum Fiqih oleh para fuqaha (ahli fiqih).

Keutamaan & Keistimewaan

Kitab Bulughul Maram memiliki keutamaan yang istimewa:

▪ Karena seluruh hadits yang termuat di dalamnya kemudian menjadi fondasi landasan fikih khususnya dalam mazhab Syafi’I dan ummat Islam pada umumnya.

▪ Dalam kitab ini, selain menyebutkan asal muasal hadis-hadis yang termuat di dalamnya, Al-Hafidz Ibnu Hajar juga memasukkan perbandingan antara beberapa riwayat hadits lainnya yang datang dari jalur yang lain.

▪ Dalam Kitab ini nampak keindahan teknik penulisan hadits. Al-Hafidz ibnu Hajar seringkali menampilkan hadits yang shahih dan kuat, meringkas hadits yang panjang, membahas panjang lebar tentang penisbatan periwayat hadits, memberi keterangan derajat hadits dengan memberikan isyarat dari ilal-nya.

▪ Diantara kehebatan dan kelebihan kitab Bulughul Maram ini adalah ketika beliau Al-Hafidz Ibnu Hajar menyertakan hadits dengan potongan dan tambahan yang muncul dari sebagian jalur sanad: Hadits yang berfungsi sebagai pengikat lafadz mutlak ( Taqyid Al Muthlaq), Perinci lafdz mujmal ( tafshil al mujmal) dan penghilang pertentangan (raf’u At Ta’arudh).

Karena keistimewaannya ini, Bulughul Maram hingga kini tetap menjadi kitab rujukan hadits yang dipakai secara luas tanpa mempedulikan apa mazhab fikihnya.

Dengan keistimewaannya pula banyak para ulama yang mengkaji, mensyarah dan menerapkan metode penulisan hadits dari beliau Al-Hafidz Ibnu Hajar rahimahullah.■

—☆☆☆–

Untuk menikmati sajian berseri Kajian Kitab Bhulughul Maram ini, serta info dan artikel dakwah lainnya, silahkan bergabung di group medsos :

WA: Dakwah Al Bayan, BIP: DAKWAH AL BAYAN , Telegram: HidayatullahMakassar.id, Facebook: Albayan Media Corp

Simak dan nikmati pula di :
Portal: www.hidayatullahmakassar.id
YouTube: Al Bayan Media TV

Konsultasi & Pertanyaan: 085255799111

Sebarkan, semoga menjadi ladang pahala bagi kita semua. Aamiin



BACA JUGA