Jumat, 31 Maret 2023 | 21:42 Wita

Shalat Itu Persoalan Rasa

Editor: Humas Yayasan Al Bayan Hidayatullah Makassar
Share

Oleh: Supriadi Yosup Boni, Ketua Prodi Ekonomi Syariah STAI Al Bayan Hidayatullah Makassar

HidayatullahMakassar.id — Judul di atas merupakan sepotong kalimat yang menyimpan pesan hakikat penghambaan amat dalam ini diungkapkan sosok KH. Abdullah Said – rahimahullah – pendiri pesantren Hidayatullah, Gunung Tembak, Kalimantan Timur yang sekarang sudah menjadi Ormas Islam.

Saya dengar ungkapan tersebut disampaikan oleh beberapa ustadz di Makassar yang sempat belajar di bawah bimbingan sang kiyai kharismatik itu. Hampir semua murid-murid beliau merasa heran Shalat malam sang Kiyai yang amat panjang, yakni antara tiga sampai empat jam setiap malam.

Di tengah Rasa heran dan kagum itu, ada yang memberanikan diri untuk menanyakannya kepada sang Kiyai, mengapa Shalat lailnya begitu panjang, padahal umumnya gerakan dan bacaan Shalat relatif pendek-pendek, terkecuali baca surah setelah al-Fatihah, memungkinkan untuk dipanjangkan.

Hanya saja, kekaguman para murid adalah rukuk dan sujud sang Kiyai yang teramat panjang dibanding rukuk dan sujud pada Shalat-Shalat lainnya seperti yang dijumpai di kebanyakan kaum muslimin. Itu sesungguhnya yang memantik Rasa penasaran para murid beliau.

Respon terhadap pertanyaan para murid, sang Kiyai hanya menjawab singkat dan tidak terjebak dalam teoritis ritual yang panjang. Beliau menyatakan: “Persoalan Shalat itu bukan sekadar gerakan dan bacaan, namun persoalan inti Shalat ada pada Rasa.”

Awal mendengar kalimat singkat itu “diceritakan”, akal dan fikiran serta hati saya terdiam kagum. Betapa jawaban itu menyimpan makna sekaligus petuah tentang hakikat penghambaan kepada Allah ta’ala melalui ibadah Shalat.

Jawaban itu – minimal menurut saya – hanya muncul dari hati yang tingkat ma’rifahnya tentang relasi sejati antara sang makhluk dengan sang Khalik sudah teramat tinggi.

Memang, relasi kita dengan sang Khalik semestinya tidak hanya sebatas sekumpulan gerakan dan ucapan artifisial. Akan tetapi, relasi tersebut mesti tertanam kokoh dalam hati, jiwa, akal dan fikiran serta dimanifestasikan menjadi Rasa yang hadir dalam aktivitas ritual.

Betul, bahwa aktivitas ibadah yang kita tunaikan mustahil bisa dilepaskan dari gerakan dan bacaan. Sebuah ibadah tidak mungkin hanya berupa Rasa atau diam dalam keheningan. Namun, jika fokusnya hanya pada gerakan dan bacaan tanpa Rasa, ibadah itu akan hambar dan tidak tinggalkan bekas apa-apa pada diri.

Jawaban singkat sang Kiyai tersebut mengantar saya memahami kata khusyu’ dalam ayat:

وَاسْتَعِينُوا بِالصَّبْرِ وَالصَّلَاةِ ۚ وَإِنَّهَا لَكَبِيرَةٌ إِلَّا عَلَى الْخَاشِعِينَ

Terjemahannya: “Jadikanlah sabar dan Shalat sebagai penolongmu. Dan sesungguhnya yang demikian itu sungguh berat, kecuali bagi orang-orang yang khusyu’”. (Qs: al-Baqarah: 45)

Betul, yang membuat kita – minimal saya – kadang merasa Shalat itu berat, karena parameter kwalitasnya masih dalam tataran gerakan dan bacaan. Setuju, bahwa gerakan sempurna dan bacaan tartil penting dalam Shalat. Namun, mungkin keduanya dimaksudkan sebagai pemantik menghadirkan Rasa dalam Shalat.

Jawaban di atas juga menuntun saya memahami anjuran sebagian ulama untuk menghadirkan Qalbu (hati) saat sedang Shalat. Pasalnya, hati adalah tempat bersemayammnya Rasa. Makna ini makin dalam terasa berkat bantuan

Ayat selanjutnya yang menjelaskan siapa orang khusyu’ itu.

الَّذِينَ يَظُنُّونَ أَنَّهُمْ مُلَاقُو رَبِّهِمْ وَأَنَّهُمْ إِلَيْهِ رَاجِعُونَ

Terjemahannya: “(yaitu) orang-orang yang meyakini, bahwa mereka akan menemui Tuhannya, dan bahwa mereka akan kembali kepada-Nya.” (Qs: al-Baqarah: 46)

Tidak berlebihan kalau disimpulkan, selama perhatian seseorang masih berkutat pada gerakan dan bagaimana memerdukan bacaan Shalat semata, bisa dipastikan Shalat yang lama belum dia nikmati. Akan tetapi, jika Rasa hatinya telah hadir, maka makin lama Shalat makin dia suka dan nikmati. Kalimat lainnya, siapapun yang ingin menikmati “sensasi” Shalat maka mesti dia hadirkan rasanya dalam Shalat.

رحمك الله أيها المربي الحاج عبد الله سعيد و أسكنك الفردوس الأعلى

Semoga Allah karuniakan rahmat-Nya bagi wahai sang murabbi – KH Abdullah Sa’id – dan tempatkan gurunda di syurga firdaus yang tinggi.(*)



BACA JUGA