Jumat, 25 Februari 2022 | 13:55 Wita

Membaca Surah As-Sajdah Dan Al-Insan Dalam Shalat Subuh Jum’at

Editor: Firman
Share

Oleh : Ust Abd Qadir Mahmud, Ketua Dept DLU Yayasan Al Bayan dan Wakil Ketua STAI Al Bayan Hidayatullah Makassar

KITAB SHALAT, BAB SIFAT SHALAT (Hadits 260)

HidayatullahMakassar.id — Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, ia berkata;

« كَانَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقْرَأُ في صَلاَةِ الْفَجْرِ يَوْمَ الجُمُعَةِ: {{الم *}{تَنْزِيلُ}} [السجدة: 1 ـ 2] ، و{{هَلْ أَتَى عَلَى الإِنْسَانِ}} [الإنسان: 1]». مُتَّفَقٌ عَلَيْهِ.

Dari Jubair bin Muth’im radhiyallahu ‘anhu, ia berkata bahwa ia mendengar Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam membaca surah Ath-Thuur ketika shalat Maghrib. (Muttafaqun ‘alaih) [HR. Bukhari dan Muslim].

Hadits  261

وَلِلطَّبَرَانِيِّ مِنْ حَدِيثِ ابْنِ مَسْعُودٍ: «يُدِيمُ ذلِكَ».

Menurut Imam Ath-Thabrani dari hadits Ibnu Mas’ud, “Beliau selalu membaca surah tersebut.” [HR. Ath-Thabrani]. Hadits ini ghairu mahfuzh, [artinya menyelisihi riwayat lebih kuat].

Faidah Hadits

■ Hadits ini jadi dalil mengenai disyariatkannya membaca surah As-Sajadah di rakaat pertama shalat subuh pada hari Jum’at dan surah Al-Insan pada rakaat kedua.

■ Perkataan rawi, “kaana”, menunjukkan bahwa dua surah ini bisa dijadikan bacaan rutin pada waktu tersebut.

■ Al-Imam Ibnu Qayyim berkata: “Aku mendengar Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah: “Rasulullah membaca kedua surah ini karena di dalamnya mengandung apa yang telah dan akan terjadi pada hari jum’at.

Hari Jumat juga waktu disempurnakannya penciptaan langit dan bumi, penciptaan Adam, dan dikeluarkannya Adam dari surga sehingga keturunannya berkembang di muka bumi.

Hari Jumat juga waktu terjadinya kiamat, hari kebangkitan, hari pembalasan. Oleh karenanya, ada anjuran membaca dua surah ini untuk mengingatkan peristiwa-peristiwa yang terjadi pada hari Jumat.

■ Para imam masjid dianjurkan menghafalkan dua surah (surah As-Sajdah dan surah Al-Insan) secara sempurna. Karena kedua surah tersebut dianjurkan dibaca secara sempurna pada masing-masing rakaat.

■ Syaikhul Islam selanjutnya mengatakan, “Banyak orang menduga, bahwa maksudnya pengkhususan shalat subuh pada hari Jum’at dengan sujud tambahan, bahkan mereka menyebutnya sujud Jum’at.

Karena itu sebahagian Imam tidak menyukai mendawamkan (merutinkan) bacaan surah tersebut dalam shalat subuh hari Jum’at, hal ini untuk mencegah dugaan orang-orang yang tidak mengetahui hakikatnya.

■ Sebahagian Imam terkadang memaksakan melakukan Sujud Tilawah, meskipun dengan membaca surah-surah sajdah yang lain [yang lebih pendek dari surah As-Sajdah]. Satu hal perlu dipahami nahwa membaca surah yang ada ayat sajadah bukanlah jadi anjuran pada hari Jumat saat waktu Shubuh sebab Rasulullah membaca surah As-Sajdah dan Al-Insan dibaca karena maksud kandungannya, bukan karena adanya ayat sajdah. Wallahu a’lam.■



BACA JUGA