Kamis, 23 September 2021 | 08:26 Wita

Kewajiban Mengumandangkan Adzan

Editor: Firman
Share

■ Dakwah Al-Bayan : Kajian Bhulughul Maram KITAB SHALAT BAB ADZAN DAN IQAMAH (Hadits 177)

HidayatullahMakassar.id — Dari Malik bin Al-Huwairits radhiyallahu ‘anhu, ia berkata,

 عَنْ مَالِكِ بْنِ الْحُوَيْرِثِ – رَضيَ الله عنه – قَالَ : قَالَ لَنَا اَلنَّبِيُّ – صلى الله عليه وسلم – – وَإِذَا حَضَرَتِ اَلصَّلَاةُ فَلْيُؤَذِّنْ لَكُمْ أَحَدُكُمْ . . . – اَلْحَدِيثَ أَخْرَجَهُ اَلسَّبْعَةُ

 “Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah bersabda kepada kami, ‘Apabila waktu shalat telah tiba, maka hendaklah salah seorang di antara kalian mengumandangkan azan untuk kalian semua.” (Al-Hadits. Dikeluarkan oleh yang tujuh). [Hadits ini dikeluarkan oleh Bukhari, Muslim, Abu Daud, Tirmidzi, An-Nasai, Ibnu Majah,  Ahmad, dan lafazh hadits ini dari Bukhari.

Hal-Hal Penting Dari Hadits

▪️ Hadits ini menunjukkan wajibnya adzan. Dan ini merupakan salah satu kewajiban atas ummat Islam.

▪️ Pensyariatan azan, hukumnya Wajib Kifayah, artinya jika sudah ada yang melakukan maka itu sudah mencukupi dan menggugurkan kewajiban yang lain.

▪️ Mu’adzin disyaratkan seorang muslim, sehingga adzannya orang kafir tidak sah. Sabda Rasulullah “Hendaklah salah seorang dari kalian”, maksudnya kaum muslimin. 

▪️ Adzan tidak sah kecuali jika waktu shalat sudah masuk. 

▪️ Wajib meninggikan suara saat mengumandangkan adzan, karena tujuan adzan adalah pemberitahuan mengenai masuknya waktu shalat.

▪️ Azan dan iqamah tetap disyariatkan saat safar (perjalanan) karena hadits Malik bin Al-Huwairits ini membicarakan tentang azan dan iqamah saat safar.

Wallahu a’lam bish shawwab.

Oleh: Ust Abdul Qadir Mahmud MAKadep Dakwah & Pelayanan Ummat Yayasan Al Bayan Hidayatullah, Makassar

Untuk menikmati sajian berseri Kajian Kitab Bhulughul Maram ini, serta info dan artikel dakwah lainnya, silahkan bergabung di

Group
● WA: Dakwah Al Bayan. Klik https://chat.whatsapp.com/HBSbB3fZ1Uk6fk71SkBm0Z ● Telegram: https://t.me/hidmanews ● Konsultasi & Pertanyaan ke 085255799111

Simak dan nikmati pula di :

● Portal: www.hidayatullahmakassar.id ● YouTube: Al Bayan Media TV https://youtube.com/chhannel/UC83a_coR66ZBb6fRxjKGyIA ● Facebook: Albayan Media Corp ( @albayanmediacorp )

Sebarkan!!! Semoga menjadi ladang pahala bagi kita semua. Aamiin

 



BACA JUGA