Jumat, 9 Oktober 2020 | 06:07 Wita

Yahudi Itu Mengaku Paling Benar Tapi Tak Mengikuti Kebenaran Kitabnya

Editor: Firman
Share

Ustadz Henra Wijaya Lc MH (foto: Laida)

Kajian Tafsir As Sa’di! (Ayat 134-137)

HidayatullahMakassar.id — Pada surah Al Baqarah 134, Allah ta alla berfirman :

QS. Al Baqarah (2) : 134

تِلْكَ أُمَّةٌ قَدْ خَلَتْ لَهَا مَا كَسَبَتْ وَلَكُم مَّا كَسَبْتُمْ وَلَا تُسْـَٔلُونَ عَمَّا كَانُوا۟ يَعْمَلُونَ ﴿١٣٤﴾

134. Itu adalah umat yang lalu; baginya apa yang telah diusahakannya dan bagimu apa yang sudah kamu usahakan, dan kamu tidak akan diminta pertanggungan jawab tentang apa yang telah mereka kerjakan.

Kisah ummat terdahulu itu telah disebut pada ayat sebelumnya, di antaranya ada yang beriman dan sebagian lainnya ingkar yakni Yahudi dan Nasrani.

Apa yang telah mereka kerjakan nanti diakhirat akan mendapatkan ganjaran terhadap amalan perbuatannya.

Seorang tidak akan menanggung dosa orang lain. Tidak ada dosa warisan orangtua yang kita tanggung atau anak cucu akan menanggung dosa kita. Sebagaimana keyakinan orang Nasrani mengatakan Yesus menanggung semua dosa orang Nasrani.

Oleh karenanya, ummat Islam fokus beramal ibadah. Adapun umat yang senantiasa disibukkan dengan orang terdahulu selalu mengklaim diri paling benar namun tidak membuktikan keimanannya, itu sebagaimana orang Yahudi.

Kata syaikh sesungguhnya sesuatu keimanan itu hanya diakui dengan lisannya dan dilaksanakan dengan amal saleh.

Selanjutnya di surat Al-Baqarah ayat 135

 وَقَالُوا۟ كُونُوا۟ هُودًا أَوْ نَصَٰرَىٰ تَهْتَدُوا۟ ۗ قُلْ بَلْ مِلَّةَ إِبْرَٰهِۦمَ حَنِيفًا ۖ وَمَا كَانَ مِنَ ٱلْمُشْرِكِينَ 

Dan mereka berkata: “Hendaklah kamu menjadi penganut agama Yahudi atau Nasrani, niscaya kamu mendapat petunjuk”.

Allah memerintahkan Rasulullah membantah pernyataan kaum musyrikin itu  “Tidak, melainkan (kami mengikuti) agama Ibrahim (bukan Yahudi dan Nasrani) yang lurus. Dan bukanlah dia (Ibrahim) dari golongan orang musyrik”.

Agama Ibrahim itu mentauhidkan Allah tanpa kesyirikan dan meluruskan penyimpangan Yahudi dan Nasrani.

Lalu ditegaskan di surat Al-Baqarah ayat 136

 قُولُوٓا۟ ءَامَنَّا بِٱللَّهِ وَمَآ أُنزِلَ إِلَيْنَا وَمَآ أُنزِلَ إِلَىٰٓ إِبْرَٰهِۦمَ وَإِسْمَٰعِيلَ وَإِسْحَٰقَ وَيَعْقُوبَ وَٱلْأَسْبَاطِ وَمَآ أُوتِىَ مُوسَىٰ وَعِيسَىٰ وَمَآ أُوتِىَ ٱلنَّبِيُّونَ مِن رَّبِّهِمْ لَا نُفَرِّقُ بَيْنَ أَحَدٍ مِّنْهُمْ وَنَحْنُ لَهُۥ مُسْلِمُونَ 

Katakanlah (hai orang-orang mukmin): “Kami beriman kepada Allah dan apa yang diturunkan kepada kami, dan apa yang diturunkan kepada Ibrahim, Isma’il, Ishaq, Ya’qub dan anak cucunya, dan apa yang diberikan kepada Musa dan Isa serta apa yang diberikan kepada nabi-nabi dari Tuhannya. Kami tidak membeda-bedakan seorangpun diantara mereka dan kami hanya tunduk patuh kepada-Nya”.

Ayat ini menjawab juga subhat bahwa orang Nasrani dan Yahudi merupakan orang beriman dan bukan kafir oleh penganut Islam libwral. Karena mereka tak beriman kepada semua nabi khususnya Muhammad saw dan tak terima kebenaran quran.

Sedangkan orang beriman Islam mengakui pernah ada kitab sebelum Quran namun telah diselewengkan.

Surat Al-Baqarah Ayat 137

 فَإِنْ ءَامَنُوا۟ بِمِثْلِ مَآ ءَامَنتُم بِهِۦ فَقَدِ ٱهْتَدَوا۟ ۖ وَّإِن تَوَلَّوْا۟ فَإِنَّمَا هُمْ فِى شِقَاقٍ ۖ فَسَيَكْفِيكَهُمُ ٱللَّهُ ۚ وَهُوَ ٱلسَّمِيعُ ٱلْعَلِيمُ

Maka jika mereka beriman kepada apa yang kamu telah beriman kepadanya, sungguh mereka telah mendapat petunjuk; dan jika mereka berpaling, sesungguhnya mereka berada dalam permusuhan (dengan kamu). Maka Allah akan memelihara kamu dari mereka. Dan Dialah Yang Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui.

Perselisihan tejadi karena tak mau mengikuti petunjuk Quran. Bahwa hanya dengan beriman kepada Nabi Muhammad dan mengikuti petunjuk quran itulah orang beriman. 

Dalam tafsirnya Syaikh Assadi menjelaskan ayat-ayat si atas

1. Orang beriman diperintahkan untuk nyatakan dengan berikrar melalui lisannya. Menunjukan keimanan harus dikatakan tidak boleh sekedar dinyatakan di hati saja. 

Selain lisan juga diikuti dengan hati dan diikuti amal shaleh. Allah memerintahkan untuk memproklamirkan akidah kita dan kewajiban mendakwahkan aqidah ini. 

2. Tidak membedakan keimanan pada nabi dan seluruh kitab merupakan kekhususan ummat Islam yang tidak didapati pada agama lainnya, yang membuat orang Nasrani dan Yahudi disebut sebagai kaum yang kufur.

Membeda-bedakan menunjukan sebagai agama yang kontradiksi karena di Taurat dan Injil mengisyarakatkan akan kedatangan Rasulullah yang akan menyempurnakan sunnah di kitab sebelumnya.

Sebagaimana ungkapan populer dari Zakir Naik, “Kami orang Islam lebih Nasrani dari orang Kristen karena lebih patuh perintah Nabi Isa.” Hal ini menjadi keesyukuran sebagai muslim.■ 

*) Dari catatan on the spot taklim oleh Al Ustadz Henra Wijaya Lc MH, Kitab :تيسير الكريم الرحمن في تفسير كلام المنان pada Kamis 21 Shafar 1442H (8/10/2020) Ba’da Maghrib di Masjid Umar Al Faruq pondok pesantren Hidayatullah BTP Makassar.



BACA JUGA