Sabtu, 18 Januari 2020 | 19:18 Wita

Sedekah Khusus Pada Hari Jum’at

Editor: Irfan Yahya
Share

Konsultasi Fiqih & Muamalah, Oleh: Ustadz Abd. Qadir Mahmud, S.Pd.I, MA

HidayatullahMakassar.id Pertanyaan

Asalaum’alaikum warahmatullahi wabarakatuh
Pak Ustadz, akhir-akhir ini sangat trend bersedekah pada hari jum’at diantaranya dengan memberi makan. Apakah ada dalil keutamaan bersedekah dihari jum’at ?

Jawaban:

Bismillah. Hari jum’at mempunyai keutamaan dibandingkan dengan hari-hari yang lain sebagaimana dalam hadits yang dikeluarkan oleh Imam Muslim dari Abu Hurairah bahwa Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:
“Sebaik-baik hari dimana matahari terbit di saat itu adalah hari Jum’at. Pada hari ini Adam diciptakan, hari ketika ia dimasukan ke dalam Surga dan hari ketika ia dikeluarkan dari Surga. Dan hari Kiamat tidak akan terjadi kecuali pada hari Jum’at.”
Meskipun demikian tidak dijumpai hadits yang menunjukkan dalil khusus yang menganjurkan sedekah di hari jumat. Akan tetapi, ada beberapa keterangan ulama yang menganjurkan sedekah di hari jumat, mengingat keutamaan hari jumat berdasarkan hadits diatas, bahwa amal yang dikerjakan di waktu mulia, memiliki nilai keutamaan yang lebih besar, dibandingkan amal yang dikerjakan di waktu kurang mulia.
Al-Imam Ibnu Qayyim Al-Jauziyah dalam kitabnya Zadul Ma’ad, beliau menjelaskan: “Bahwa sedekah di hari jumat memiliki keistimewaan khusus dibandingkan hari yang lain. Sedekah di hari jumat, dibandingkan dengan sedekah di hari yang lain, seperti perbandingan antara sedekah di bulan ramadhan dengan sedekah di selain ramadhan. Saya pernah melihat Syaikhul Islam [- Ibnu Taymiyah rahimahullah -] apabila beliau berangkat jumatan, beliau membawa apa yang ada di rumah, baik roti atau yang lainnya, dan beliau sedekahkan kepada orang di jalan diam-diam. Saya pernah mendengar beliau mengatakan,
“Apabila Allah memerintahkan kita untk bersedekah sebelum menghadap Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam, maka bersedekan sebelum menghadap Allah lebih afdhal dan lebih besar keutamaannya.” Oleh karena itu, trend sedekah makanan setiap jum’at termasuk kebiasaan yang baik insya Allah. Wallahu a’lam.
*) Ketua Departemen Tarbiyah Yayasan Al Bayan Hidayatullah Makassar



BACA JUGA