Selasa, 12 Oktober 2021 | 18:54 Wita

Sepak Bola dan Pembentukan Karakter Islami

Editor: Firman
Share

Oleh: Wiwin al Anshor, Mahasantri Al Bayan Hidayatullah Makassar

HidayatullahMakassar.id — Sepak bola adalah salah satu cabang olahraga yang paling banyak diminati, khususnya bagi laki-laki. Sepak bola juga adalah cabang olahraga yg memiliki karakteristik tersendiri.

Tentunya sebagai kegiatan yang sudah umum dilakukan banyak nilai dan pemaknaan berbagai kalabgan dari permainan sepak bola. Tiga di antaranya terdapat pelajaran kekompakkan, strategi, dan kesabaran.

1. Kekompakan
Kekompakan adalah salah satu hal yang sangat dibutuhkan dalam Islam. Apalagi dalam hidup dan kegiatan berjamaah. Karena tanpa adanya kekompakan maka akan terasa berat untuk melaksanakan agenda dakwah dan tarbiyah.

Begitu pun dengan permainan sepak bola tanpa ada kekompakan maka dipastikan akan sulit untuk menghasilkan goal.

2. Strategi
Strategi juga adalah salah satu yang harus digunakan dalam permainan sepak bola. Begitupun dengan dakwah Islam, tanpa adanya strategi yang baik akan dikalahkan oleh musuh-musuh Islam.

Sebagaimana Rasulullah ketika berdakwah dan menyebarkan Islam, terlebih dahulu menyusun strategi untuk melawan kafir Quraish.

3. Kesabaran
Kesabaran juga memiliki peran besar dalam permainan sepak bola. Sabar adalah salah satu sifat utama akhlak seorang muslim. Allah mengatakan dalam Al-quran, “Sesungguhnya Allah bersama orang-orang yang sabar.”

Maka dalam permainan bola juga harus menanamkan kesabaran yang tinggi. Salah satu faedah kesabaran dalam main bola adalah menjaga persaudaraan dengan tim dan bagi lawan.

Dalam Islam, sabar memiliki posisi tinggi jadi tanpa kesabaran sudah dipastikan akan mengakibatkan sesuatu sulit untuk bisa dicapai.

Permainan sepak bola juga bermanfaat meningkatkan imun tubuh. Allah menyukai seorang Muslim yang sehat dan kuat tubuhnya. Wallahuallam.■



BACA JUGA