Selasa, 20 April 2021 | 11:24 Wita
Ide dan Variasi Konten Dakwah Digital
■ Oleh : Firmansyah Lafiri, Pempred hidma.id
HidayatullahMakassar.id — Ramadhan tahun lalu di kesempatan yang serupa ceramah bada Subuh di Masjid Umar al Faruk, saya menyampaikan sharing knowladge strategi pengembangan media dakwah.
Alhamdulillah mulai terasa geliat pengembangan media dakwah digital berupa website dan akun/chanel media sosial (medsos) oleh pengurus Hidayatullah.
Di Hidayatullah kampus utama Makassar telah terbentuk unit media Albayan Media Corp (AMC). AMC mengembangkan portal berita hidayatullahmakassar.id (hidma id), Albayan TV melalui chanel YouTube dan Buletin Dakwah Al Bayan.
Maka pada kesempatan kegiatan Morning Talk Al Bayan Ramadhan tahun ini ingin berbagi konsepsi bagaimana agar media dakwah memiliki konten yang menarik. Dengan mengetahui unsur konten dan jenis konten
Unsur Konten
Sebuah konten sebagaimana sebuah berita setidaknya harus mengacu pada sejumlah unsur, di antaranya
1. Unsur Aktual. Mengandung hal terkini, terbaru, terhangat, baru saja atau sedang terjadi. Pengertian terbaru, bisa merupakan fakta terbaru yang ditemukan dari suatu peristiwa lama, atau peristiwa yang baru saja terjadi.
2. Unsur Faktual. Yakni kejadian benar-benar merupakan suatu kenyataan, bukan suatu rekayasa, khayalan atau karangan.
Fakta dalam sebuah berita (konten) muncul dan diperoleh dari sebuah kejadian nyata, pendapat ataupun pernyataan.
3. Unsur Penting. Ada dua hal dalam berita dinilai penting. Yakni ada tokoh penting yang terlibat atau memiliki kapasitas yang telah diakui oleh masyarakat. Dan merupakan kepentingan orang banyak dan mempengaruhi kondisi masyarakat.
4. Unsur Menarik. Biasanya berciri menimbulkan rasa ingin tahu, dan ketertarikan dari masyarakat untuk menyimak isi konten tersebut. Peristiwa yang menarik dan diminati oleh masyarakat biasanya bersifat menghibur, aneh, memiliki unsur kedekatan, mengandung nilai kemanusiaan, mengandung unsur seks, kriminalitas/hukum dan ada konflik.
Jenis Konten
Ada banyak jenis konten yang populer dibuat untuk digital marketing yang bisa diadopsi dan diadaptasikan untuk kepentingan dakwah dan tarbiyah.
Jenis konten di bawah ini bisa sipilih sesuai kemampuan dan disepakati mana yang efektif, yakni :
How to’s (Bagaimana caranya), Content Curation (Mengumpilkan konten menarik, mengolah dan membagikannya), Case Studies (Studi kasus), Charts/Graphis, Ebooks, Email Newsletter, Cartoons/Ilustrasi, Ringkasan Buku
Review produk atau tool, Giveaways (membagikan hadiah), FAQS (Frequently Asked Questions), Sesi tanya jawab, Webinar, Kamus, Post Day in the Life of (Kesehariam), Infografis
Dan masih ada belasan jenis konten lainnya.■
*) Catatan on the spot Morning Talk di Masjid Umar al Faruk, Selasa (20/4/2021). Disusun oleh santri putri Ponpes Albayan Hidayatullah : Rihlah Al Hikmah, Nur Aisayah, Fatimah dan Mirah.
TERBARU
-
Transformasi dan Transmisi di Masa Transisi Hidayatullah
24/11/2024 | 07:58 Wita
-
Nilai dan Keutamaan Hidup Muhammad Sebelum jadi Rasul
22/11/2024 | 06:04 Wita
-
Raih Belasan Medali, Atlet Tapak Suci Pesantren Ummul Quro Hidayatullah Tompobulu Terbaik di Kejurnas UINAM Cup
18/11/2024 | 05:42 Wita