Kamis, 17 Oktober 2024 | 05:27 Wita

Kampus Hidayatullah Palu Studi Banding Peningkatan Kualitas Pendidikan di KU Al Bayan

Editor: admin
Share

HidayatullahMakassar,id — Rombongan dari kampus madya Hidayatullah Palu melakukan kunjungan studi banding di kampus utama (KU) Al Bayan Hidayatullah Makassar, Rabu (15/10/2024).

Rombongan dipimpin langsung ustadz Mahmud Iqbal, anggota Badan Pembina Yayasan yang juga Ketua DPW htidayatullah Sulteng.

Turut membersamai Ketua Yayasan kampus Hidayatullah Palu ustadz Firdaus, Bendahara Yayasan ustadz Ismail dan ustadz Wahyu Kepala Sekolah SD Hidayatullah Palu serta tim pendidikan SMP.

Menurut Ust Mahmud kunjungan ke Al Bayan ini ingin menyerap dan belajar tentang pengelolaan manajemen yayasan untuk pengembangan Hidayatullah Palu.

“Kita melihat Al Bayan sudah memiliki model pengelolaan yayasan yang baik untuk pengembangan unit pendidikan, sehingga kami dan rombongan ingin belajar agar Hidayatullah Palu juga bisa semakin berkembang,” ujarnya.

Dalam kunjungan tersebut diterima langsung Ketua Yayasan Al Bayan ust Suwito Fatah MM bersama jajaran pengurus.

Ustadz Suwito berterima kasih atas apresiasi dan kunjungannya. “Kita sama-sama belajar untuk mengembangkan lembaga Hidayatullah yang kita cintai ini. Yayasan Al Bayan juga terus berusaha memperbaiki tata kelolanya. Jadi kalau ada yang bisa diambil baiknya dari pengelolaan yayasan maka itu ada mujahadah dari seluruh tim yang ada di al Bayan,” jelasnya.

Ia menyampaikan perlunya pengelolaan manajemen yayasan yang baik yang meliputi manajemen SDI, manajemen keuangan dan manajemen kinerja dan mutu unit pendidikan.

Selain itu perlu untuk membangun branding pesantren yang baik di masyarakat dan investasi terhadap infrastruktur untuk menunjangan pendidikan di pesantren.

Ustadz Firdaus mengucapkan terima kasih atas sharing ilmunya dari Al Bayan dan insya Allah akan disusun tahapan pengembangan yayasan Hidayatullah Palu.

“Insya Allah kita akan bersinergi dengan Al Bayan untuk peningkatan mutu pendidikan sekolah SD, SMP dan juga kerjasama dengan STAI Al Bayan Hidayatullah Makassar,” harapnya.

Sebelumnya, tim pendidikan dari sejumlah kampus madya Hidayatullah se-Sulsel juga melakukan studi banding pengelolaan pendidikan di KU Al Bayan.

Saat ini Yayasan Al Bayan mengeloka unit pendidikan TK dan PAUD, SD, SMP, SMA dan STAI Al Bayan. Jumlah peserta didik terus mengalami peningkatan signifikan seiring perbaikan kualitas pendidikan dan infrastruktur.

Unit SD dan SMP Integral Al Bayan telah meraih akreditasi A. Masing-masing unit mengantongi sejumlah prestasi dan pencapaian baik tingkat lokal, regional maupun nasional.(amc)



BACA JUGA