Selasa, 27 Februari 2024 | 06:45 Wita

Faidah Pagi – Dua Orang yang Didoakan Malaikat Setiap Pagi

Editor: admin
Share

HidayatullahMakassar.id — Dari Abu Hurairah, ia berkata bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,
مَا مِنْ يَوْمٍ يُصْبِحُ الْعِبَادُ فِيهِ إِلاَّ مَلَكَانِ يَنْزِلاَنِ فَيَقُولُ أَحَدُهُمَا اللَّهُمَّ أَعْطِ مُنْفِقًا خَلَفًا ، وَيَقُولُ الآخَرُ اللَّهُمَّ أَعْطِ مُمْسِكًا تَلَفًا

“Ketika hamba berada di setiap pagi, ada dua malaikat yang turun dan berdoa, “Ya Allah berikanlah ganti pada yang gemar berinfak (rajin memberi nafkah pada keluarga).” Malaikat yang lain berdoa, “Ya Allah, berikanlah kebangkrutan bagi yang enggan bersedekah (memberi nafkah).” (HR. Bukhari dan Muslim)

Faidah Hadits

Doa malaikat adalah doa yang mustajab (dikabulkan oleh Allah).

Setiap orang yang memberi nafkah pada keluarga, pada kerabat, dan rajin pula mengeluarkan sedekah sunnah, maka malaikat akan mendoakan supaya orang tersebut mendapatkan ganti.

Dalam hadits qudsi bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

قَالَ اللَّهُ تَبَارَكَ وَتَعَالَى يَا ابْنَ آدَمَ أَنْفِقْ أُنْفِقْ عَلَيْكَ

“Allah Tabaraka wa Ta’ala: Wahai anak Adam, berinfaklah, Allah akan mengganti infakmu.” (HR. Bukhari dan Muslim dari Abu Hurairah)

Infak yang dimaksud adalah infak dalam ketaatan, infak pada keluarga, infak pada orang-orang yang lemah, serta lainnya.

Keutamaan orang yang memperhatikan nafkah pada keluarga dengan baik, juga pujian bagi orang yang rajin sedekah dengan mendapatkan do’a malaikat. 

Adapun orang yang enggan memberikan nafkah kepada keluarga maupun sedekah lainnya mendapatkan doa jelek dari malaikat, yaitu didoakan kebangkrutan atau kehancuran.

Washallallahu ‘ala Nabiyyina Muhammad. Semoga bermanfaat. (Ibnu Mahmud)