Sabtu, 27 Januari 2024 | 12:07 Wita

Raker Al Bayan Hidayatullah Makassar, Ini Kebijakan Strateginya di 2024

Editor: admin
Share

HidayatullahMakassar.id — Yayasan Al Bayan Hidayatullah Makassar melaksanakan rapat kerja (Raker) 2024, Sabtu-Ahad (27-29/1/2024). Pembukaan dilaksanakan di Masjid Umar Al Faruq Ponpes Hidayatullah Makassar, diikuti seluruh pengurus, staf dan guru.

Raker dihadiri Ketua dan jajaran Badan Pembina Yayasan Al Bayan Hidayatullah Makassar Ust Dr H Abd Aziz Qahhar Mudzakkar MSi, Ust Ir H Abdul Majid MA dan Ust Drs Ahkam Sumadiana MA.

Juga jajaran Badan Pengawas Ust Drs Nasri Bukhari MPd dan Ust Drs Muhammad Kaisar. Hadir pula Ketua DPD Hidayatulllah Makassar Ust Dr Nasrullah Sappa Lc MM, Ketua BMH Sulsel Ust Kadir MM.

Ketua Yayasan Al Bayan Hidayatullah Makassar Ust Suwito Fatah MM dalam pemaparannya menyampaikan lima kebijakan strategis Yayasan Al Bayan yang akan menjadi program kerja pada tahun ini.

“Ini merupakan Raker kelima di kepengurusan kami yang berarti Al Bayan sudah masuk fase unggul. Bahwa Ponpes Al Bayan telah layak sebagai role model pengembangan pendidikan dan pesantren Hidayatullah di Indonesia timur,” urainya.

Kebijakan strategis Yayasan Al Bayan pada 2024 ini berturut-turut mulai dari pengembangan program dakwah dan pengelolaan masjid, melalui sinergi dengan DPD Hidayatullah Makassar dan Pemkot Makassar.

“Pada 2023 lalu Al Bayan mendapatkan kepercayaan dari Pemkot Makassar melalui program Dakwah Lorong di 125 titik. Pada tahun ini melanjutkan Dakwah Lorong juga dipercaya menjalankan program Tahfizh dan Ngaji Lorong dari Pemkot,” rinci Ust Wito.

Untuk kebijakan tarbiyah agar hasilkan output santri yang menunjang visi melahirkan generasi Qurani unggul dengan hafalan Qur’an akan terus ditingkatkan.

“Di unit SD rencana ini dengan membuka kelas khusus tahfizh dan optimalisasi program fullday SMP dan SMA yang saat ini sudah banyak peminat yang mendaftar. Sedangkan untuk STAI membuka kelas eksklusif dan menetapkan keunggulan komparatif dengan pengajaran bahasa Arab,” urainya.

Pembangunan infrastruktur melalui program departemen kampus, sambungnya, juga akan terus dilakukan untuk melengkapi sarana prasarana pondok tahfizh putri dan putra di Ponpes Ummul Qura Pucak.

“Insyallah asrama putri akan dinaikkan menjadi lantai 3 dan mendorong percepatan unit agrowisata Wadi Barakah sebagai Suport sistem kemandirian ekonomi Al Bayan bersama unit konveksi dan koperasi,” ujarnya.

Raker dibuka Ketua Badan Pembina Yayasan Al Bayan Hidayatullah Makassar Ust Dr H Abdul Aziz Qahhar Mudzakkar, sebelumnya menyampaikan tausyiah penguatan jati diri Hidayatullah.

Pada kesempatan yang sama juga dirangkai pula dengan penandatanganan kerjasama Yayasan Al Bayan dengan DPD Hidayatulllah Makassar untuk pengelolaan Rumah Qur’an Hidayatullah.

Dan penyerahan penghargaan untuk unit, pengasuh, dosen dan guru terbaik. (AMC)


Tags:

BACA JUGA