Minggu, 10 September 2023 | 15:18 Wita

STAI Al Bayan Penguatan SPMI

Editor: Humas Yayasan Al Bayan Hidayatullah Makassar
Share

HidayatullahMakassar.id — Pimpinan Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Al Bayan Hidayatullah Makassar mengikuti Workshop Penguatan Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) dan Auditor Mutu Internal (AMI) Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (PTKI) di Hotel Muara dan Mall Muara, Ternate, Rabu-Jumat (6-9 September 2023).

Workshop diselenggarakan oleh Direktorat Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam merupakan upaya peningkatan mutu PTKI, dengan mengundang PTKIS yang berada pada wilayah Kopertais Will VIII (Sulawesi, Maluku dan Papua).

Sebanyak 80 peserta dari berbagai PTKIS, PTUM dan IAIN Ternate, termasuk dari STAI Al Bayan Hidayatullah Makassar mengikuti kegiatan tersebut.

Hadir Ketua STAI Al Bayan Dr (C) Abdul Kadir MA didampingi Koordinator Penjaminan Mutu STAI Al Bayan Imran SPd MPd.

Kasi Akademik dan Bina Prodi Direktorat Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Dr Lukman Nugraha Med, mengatakan kegiatan pembinaan pada aspek kelembagaan masih sangat rendah sehingga perlu dilakukan workshop pada seluruh PTKI khususnya pengetahuan terkait akreditasi pada tingkat institusi maupun program studi.

“Sehingga setiap perguruan tinggi mampu mencapai target sebagai perguruan tinggi yang “Unggul”,” harapnya.

Selain itu ia juga menyampaikan penguatan workshop kali ini dilatarbelakangi oleh banyaknya kampus yang belum memiliki dokumen SPMI dan tidak adanya auditor internal bersertifikat sebagai persyaratan kelayakan perguruan tinggi tersertifikasi.

Oleh karena itu, tegasnya, Workshop SPMI ini merupakan kegiatan tahap I yang akan berlanjut pada kegiatan tahap ke II yakni pelatihan auditor mutu internal dengan syarat harus melengkapi dokumen SPMI pada masing masing PTKI.

Kegiatan ini dibimbing langsung oleh narasumber terbaik dalam menyampaikan materi dan praktik dalam menyusun Dokumen SPMI, seperti Direktur Diktis, Prof. Dr. Ahmad Zainul Hamdi, M.A., Dr. Yusuf Nalim, M.Si, dan Dr. Muhammad Edi Kurnanto Selaku Trainer Best-Q Institut.

Materi yang disampaikan antara lain mengenai Kebijakan SPMI, Manual SPMI, Standar SPMI (Pendidikan, Penelitian, dan Pengabdian Kepada Masyarakat, dan l Formulir SPMI.

Ust Abdul Kadir mengatakan “Alhamdulillah, terima kasih kepada panitia dan khususnya Kementrian Agama Republik Indonesia yang telah mengadakan kegiatan ini sebagai bentuk penguatan para PTKI dalam meningkatkan mutu Perguruan Tinggi khususnya dalam penyusunan dokumen SPMI.”

Menurutnya, “kegiatan ini membuat kami paham lebih jauh bagaimana menyusun SPMI yang baik dan benar, tentunya dengan pemateri yang luar biasa ilmunya dan sangat interaktif memberikan pemahaman kepada kami semua.”

Imran menambahkan dengan adanya kegiatan ini STAI Al Bayan akan mampu melakukan perbaikan-perbaikan dokumen sebelumnya dan mampu menyusun SPMI sesuai standar dan ketentuan yang ada.

“Selain itu, kegiatan ini adalah wujud kepedulian pemerintah tentang betapa pentingnya peningkatan mutu kelembagaan khususnya pada lingkup Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam.”.(*)



BACA JUGA