Sabtu, 20 Mei 2023 | 16:39 Wita

SMP-SMA Al Bayan Hidayatullah Makassar Haflah Akhirussanah 102 Santri. Ust Aziz Ajak Orangtua Santri Bersama Kuatkan Akhlak Qurani

Editor: Humas Yayasan Al Bayan Hidayatullah Makassar
Share

HidayatullahMakassar.id — SMP-SMA Integral Al Bayan Islamic School Hidayatullah Makassar menyelenggarakan penamatan (Haflah Akhirussanah) bagi 102 santri boarding maupun siswa full day school di gedung Manunggal Mini TNI, Makassar, Sabtu (20/5/2023).

Ketua Dewan Pembina Yayasan Al Bayan Hidayatullah Makassar Ust Dr H Abdul Aziz Qahhar Mudzakkar MSi menyempatkan hadir menyampaikan tausiyahnya. Hadir pula anggota Dewan Pembina Ust Drs H Ahkam Sumadiana MA dan Dewan Pengawas Yayasan Al Bayan Ust Drs Muhammad Kaisar.

Dalam tausiyahnya Ust Aziz mengajak wali dan orangtua santri untuk bersama-sama menjaga dan menguatkan karakter qurani dan akhlak yang telah dibiasakan dan diteladankan selama di ponpes.

“Karena karakter atau akhlak itu bukanlah ilmu tapi tergantung pada keteladanan dan pembiasaan di ponpes dan terlebih di tengah keluarga para santri,” ujarnya.

(Baca ulasan tausiyah pada update selanjutnya di portal hidayatullahmakassar.id selanjutnya)

Penamatan yang berlangsung khitmad di gedung yang terletak di komplek markas Kodam Hasanuddin itu bagi 102 santri. Penamatan santri SMP untuk angkat 26 sedangkan santri SMA angkatan 23.

“Kami perkirakan jumlah alumni Ponpes Al Bayan telah mencapai kurang lebih 1.300 orang. Kiprah alumni telah berkiprah di berbagai bidang dan menjadi mujahid dakwah,” jelas Ketua Departemen Tarbiyah Yayasan Al Bayan Hidayatullah Makassar, Muh Arfah SpDi MM.

Dalam sambutannya, ia mengungkapkan tantangan pendidikan saat ini dengan realitas makin cepatnya anak memasuki baligh tak seiring dengan pertumbuhan akilnya. “Sehingga ada kekosongan akal dan mental maka perlu perbaikan pendidikan dan pembinaan/pengasuhan. Hal ini yang menjadi perhatian bagi Ponpes Al Bayan,” ujarnya.

Ketua Yayasan Al Bayan Hidayatullah Makassar Ust Suwito Fatah MM pada kesempatan yang sama kembali menekankan visi pendidikan di Ponpes Hidayatullah untuk melahirkan pemimpin berkarakter qurani.

“Kami terus membenahi semua komponen untuk mencapai visi tersebut, termasuk mendatangkan tenaga pengajar berkualifikasi lulusan Timur Tengah untuk perbaikan kualitas santri,” ujarnya.

Apalagi tambahnya, pihaknya menyadari pesantren telah menjadi alternatif solusi untuk pendidikan yang menghindarkan anak-anak dari dampak kemajuan jaman sekarang.

“Pendidikan adab telah kami tetapkan sebagai model untuk pencapaian visi unggul di Ponpes Al Bayan Hidayatullah Makassar,” tegasnya.

Pada penamatan itu juga dinobatkan penghargaan bagi lulusan Akademik Terbaik SMP Putra tahun 2023 kepada M. Satria Adi Putra, Lulusan Terbaik SMP Putri tahun 2023 Farhah Ainiyyah Azzahra, Hafizh Terbaik SMP Putra tahun 2023 Laode Ashim Jaisyurrahman.

Lulusan Akademik Terbaik SMA Putra tahun 2023 kepada Haikal Ahmad, Lulusan Terbaik SMA Putri Tahun 2023 Nadiyahturrahmah
dan Hafidz terbaik SMA Putra Tahun 2023 Akbar Pranata.(fir)



BACA JUGA