Jumat, 12 Mei 2023 | 21:26 Wita

Kominfo Gandeng STAI Al Bayan Gerakan Literasi Digital

Editor: Humas Yayasan Al Bayan Hidayatullah Makassar
Share

HidayatullahMakassar.id — Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Al Bayan Hidayatullah Makassar menandatangani kerjasama dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia (Kominfo) melalui Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika dan Direktorat Pemberdayaan Informatika.

Penandatanganan perjanjian kerja sama di Ruang Pola kantor Gubernur Sulawesi Selatan, Jumat (12/5/2023) yang difasilitasi Pandu Digital Sulsel, disaksikan Forkopimda Sulsel, LLDIKTI Wilayah IX, beberapa pimpinan perguruan tinggi swasta di Makassar, Dinas Pendidikan Sulsel, organisasi profesi, tokoh masyarakat dan pimpinan ormas, serta mahasiswa dan siswa dari beberapa sekolah menengah,

Kerjasama mencakup penyelenggaraan program literasi digital. “Literasi digital berperan penting dalam meningkatkan pemahaman, kesadaran dan kemampuan untuk menggunakan internet secara bijak. Karena tujuan literasi digital adalah menghadirkan cara-cara cerdas, kreatif, dan produktif dalam menggunakan internet terutama dalam lingkungan pendidikan,” jelas Ketua STAI Al Bayan Hidayatullah Makassar Ust Abd Qadir Mahmud SPd MA.

Penandatanganan oleh Ketua Tim Literasi Digital Sektor Pendidikan, Direktorat Pemberdayaan Informatika, Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia, Bambang Tri Santoso dan Ketua STAI Al-Bayan.

Bambang Tri menjelaskan kerja sama antara lembaga pendidikan dan Kementerian Komunikasi dan Informatika dalam upaya memajukan literasi digital di bidang pendidikan.

Kementerian Komunikasi dan Informatika telah meluncurkan Gerakan Literasi Digital sebagai bagian dari program untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan literasi digital masyarakat Indonesia.

Saat ini, tingkat literasi digital masyarakat Indonesia baru mencapai 3,49 dari skala 1-5 pada tahun 2021, dengan peningkatan sebesar 0,03 poin dibandingkan tahun sebelumnya.

“Semoga dengan perjanjian ini tingkat literasi digital masyarakat terus meningkat,” imbuhnya.

Ust Qadir mengatakan STAI al Bayan menyambut baik dan berterima kasih karena telah diajak oleh Kominfo untuk terlibat dalam program literasi digital dalam dunia kependidikan dalam ikatan Perjanjian Kerja Sama. “Apalagi hal tersebut merupakan implementasi dari pelaksanaan Tridarma Perguruan Tinggi di bidang Aplikasi Informatika, khususnya di STAI Al-Bayan Hidayatullah Makassar,” jelasnya.

Selain itu, harapnya, kerja sama dalam penyelenggaraan kegiatan Literasi Digital ini dapat membantu dalam meningkatkan kapabilitas, kualitas, dan kecakapan sumber daya dosen maupun mahasiswa dalam lingkup civitas akademika STAI Al-Bayan.

Perjanjian Kerja Sama itu sebwlumnya didahului dengan seminar antara Pandu Digital, Kementerian Agama dan APTIKIS Indonesia pada ajang Rakernas I APTIKIS Indonesia.

Pada kesempatan seminar tersebut Wakil Menteri Agama Dr. Zainut Tauhid, M.Si berharap agar PTKIS menjadi yang terdepan dalam mendorong kemajuan literasi digital sehingga dampak negatif dari kemajuan tekhnologi informasi dapat diminimalisir sedemikian rupa dan yang mengemuka adalah dampak positif dari kemajuan tekhnologi informasi tersebut.

Dalam kesempatan tersebut Wakil Menteri Agama juga melalui Ketua STAI Al-Bayan menitip salam kepada Keluarga Besar Hidayatullah yang telah turut andil dalam memajukan pendidikan di Indonesia khususnya melalui Perguruan Tinggi Keagamaan Islam.(*/fir)



BACA JUGA