Kamis, 20 April 2023 | 07:55 Wita

Polda Sulsel Rencanakan Ponpes Hidayatullah di Pucak Pusat Rehabilitasi Anak Terpapar Narkoba

Editor: Humas Yayasan Al Bayan Hidayatullah Makassar
Share

HidayatullahMakassar. id — Direktur Res Narkoba Polda Sulsel, Kombes Pol Dody Rahmawan, S.I.K, MH. bersama rombongan Safari Ramadhan berkunjung ke Pesantren Ummul Qura Hidayatullah Tompobulu di Pucak, Maros, Rabu (19/4/2023).

Kunjungan tersebut, jelas Ketua Yayasan Al Bayan Hidayatullah Makassar Ust Suwito Fatah MM , selain sebagai Safari Ramadhan juga mendiskusikan rencana pengembangan program rehabilitasi anak-anak yang terpapar narkoba dengan suasana pesantren.

“Jadi ada anak-anak yang sekedar terpapar bukan pecandu narkoba. Mereka membutuhkan penanganan rehabilitasi berbeda dan khusus untuk bisa kembali normal kesehatan dan mentalnya,” jelas Kombes Dody.

Suasana Ponpes Hidayatullah di Pucak

Konsep pesantren dinilai cocok dan sukses dalam rehabilitasi untuk anak-anak terpapar narkoba. Diketahui program rehabilitasi dengan pola tarbiyah di pesantren telah sukses dilaksanakan di Ponpes Abah Anom Tasikmalaya.

Sebelumnya, Ketua Dewan Pembina Yayasan Al Bayan Hidayatullah Makassar Dr KH Abd Aziz Qahhar Mudzakkar MSi telah menandatangani MoU dengan RS Sayang Rakyat Pemprov Sulsel dan Polda Sulsel.

Penandatangan kesepakatan kerjasama itu disaksikan Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman tentang rehabilitasi pasien narkoba.

Langkah awal pembinaan yang dilakukan oleh Ponpes Al Bayan Hidayatullah Makassar melalui taklim.

“Sebelum Ramadhan kami masuk mengisi taklim jelang Ramadhan di pusat Rehabilitasi BNN, Badoka,” ungkap Ketua Departemen Dakwah dan Layanan Ummat Yayasan Al Bayan Hidayatullah Makassar Ust Abd Qadir Mahmud MA.

Dua model pembinaan melalui ceramah taklim dan rehabilitasi langsung di Ponpes Hidayatullah di Pucak merupakan tawaran pada program rehabilitasi pasien narkoba.

Ponpes Hidayatullah di Pucak di lahan seluas 20an hektar dengan suasana alamnya dinilai cocok untuk program tersebut. Apalagi saat ini sedang dikembangkan kawasan wisata spiritual Wadi Barakah. Di antaranya akan dilaksanakan Quran Camp dan Villa Quran bagi semua kalangan untuk belajar quran.(fir)



BACA JUGA