Kamis, 2 Maret 2023 | 11:01 Wita

SMA Al Bayan Hidayatullah Tuan Rumah Dauroh Marhala Ula’ SMA/MA Nasional. Ini Pesan Ketua Umum

Editor: Humas Yayasan Al Bayan Hidayatullah Makassar
Share

HidayatullahMakassar.id — SMA Integral Al Bayan Islamic School Hidayatullah Makassar kembali menjadi tuan rumah Daurah Marhala Ula (DMU) SMA/MA sederajat tingkat nasional.

Selain menjadi tuan rumah untuk peserta DMU Hidayatullah wilayah Makassar, Maros, Pangkep, dan Gowa, juga mengikutkan siswa SMA putra dan putri Al Bayan Islamic School.

DMU Tingkat SMA/MA yang dilaksanakan serentak secara nasional itu mengangkat tema menjadi kader Hidayatullah yang Cerdas Disiplin dan Militan.
Berlangsung di Aula Yayasan Al Bayan Hidayatullah Makassar dan pembukaan melalui virtual zoom Rabu (1/2/2023).

Pembukaan DMU oleh Ketua Umum DPP Hidayatullah Dr KH Nashirul Haq Lc MA. Kepada peserta DMU Hidayatullah se-Indonesia secara virtual ia menyampaikan bahwa fungsi Hidayatullah adalah sebagai wadah berhimpunya ummat Islam dalam ikatan tauhid.

“Kita berjamaah kita membangun kebersamaan membangun komunitas agar kita bersama-sama memperjuangkan agama Allah SWT. Kita membangun taawun baik dengan sesama anggota dan kader Hidayatullah juga pihak pihak lainya seluruh elemen ummat bangsa dan ummat dunia,” urainya.

Hidayatullah jelasnya, sebagai wadah tarbiyah melahirkan kader kader yang berkualitas di segala bidang kehidupan. “Karenanya Hidayatullah merumuskan konsep pendidikan yang kita bagi dari beberapa aspek yakni tarbiyah ruhiyah, pendidikan aspek spiritual meliputi penanaman aqidah yang kuat, akhlak yang mulia dan ibadah yang tekun,” rincinya.

Menurut alumnus Madinah ini, kader pandu Hidayatullah harus memiliki kemuliaan pribadinnya, Qur’an ahlaknya, dan semangat beribadah. Karena itulah tujuan dari pendidikan aspek ruhiyah di Hidayatullah,” tambahnya.

Klik https://hidayatullahmakassar.id/ppdb-sekolah-al-bayan-gelombang-ii/

“Kegiatan DMU akan berlangsung selama 4 hari, materi daurah diisi langsung oleh para ustadz dan ustadzah yang telah dibagi materinya berdasarkan kualifikasi masing-masing,” jelas Ketua Departemen Tarbiyah Yayasan Al Bayan Hidayatullah Makassar, Ust Arfah Bandule MM.

Beberapa materi DMU dan pematerinya mulai dari Ketua Dewan Murrabi Wilayah (DMW) IR KH Abdul Majid MA tentang QS Al Muzzammil, Lahirnya Syahadat, dan praktek Halaqoh.

Rektor STAI Al Bayan Ustadz Abdul Qadir Bin Mahmud MA tentang Lahirnya Syahadat dan makna Al Fatihah. Serta Ustadz Moh Arfah menyampaikan pengantar Manhaj Sistimatika Wahyu Taarif Hidayatullah, mentoring dan refleksi)

Hingga oleh Ketua Pemuda Hidayatullah Ust Abdurrahman Sibghatullah Lc tentang Al Qolam dan Mengenal Pemuda Hidayatullah.

Ada pula pemateri Ustadzah Ratnawati SPd (Makna dan Konsekwensi Syahadat), Ustadzah Dra Syamsiah (Al Qolam) dan Ustadzah Waode Aisyah (Mentoring refleksi). (mulyadi)


Tags: