Jumat, 24 Februari 2023 | 16:42 Wita

Al Bayan Islamic School Hidayatullah Makassar Kembali Pelatihan Tingkatkan Kompetensi Guru.

Editor: Humas Yayasan Al Bayan Hidayatullah Makassar
Share

HidayatullahMakassar.id — Al Bayan Islamic School Yayasan Al Bayan Hidayatullah Makassar kembali menggwlar Pelatihan untuk peningkatan kualitas dan kompetensi para gurunya, akhir pekan lalu.

“Pelatihan ini berlangsung dua hari secara hybrid sehari online sehari offline karena beberapa guru terdampak banjir sehingga tidak bisa hadir secara offline,” ujar Ketua Departemen Tarbiyah Yayasan Al Bayan, Ust Arfah Bandule, Jumat (24/2/2023).

Konsultan pendidikan Al Bayan Dr Sabriati Aziz dan Ir Amaliah Husan Bahar membimbing kegiatan ini didampingi tim LPIH Makassar.

Untuk materi evaluasi diri (evadir) , konsultan menyiapkan sejumlah pertanyaan yang mendasar untuk dijawab oleh guru mulai dari pedagogik, pengembangan kurikulum, kegiatan belajar yang mendidik, pengembangan potensi peserta didik, komunikasi dengan peserta didik, sampai pada penilaian dan evaluasi.

Untuk pedagogik, guru diminta tanggapannya terhadap penguasaan karakter setiap anak, seperti sifat-sifat anak, kompetensi pengetahuan, hubungan dengan orang tua, kehidupan dirumah, sikap dan keterampilan.

“Dengan mengetahui karakteristik peserta didik, diharapkan guru dapat memberikan pendampingan dan pembelajaran yang tepat kepada setiap anak,” kata Ketua Lembaga Pendidikan Integral Hidayatullah (LPIH) Yayasan Al Bayan tersebut.

Untuk Uji Kompetensi Guru (UKG) , ada beberapa pelajaran penting yang diujikan seperti mapel bahasa indonesia, mapel matematika, mapel fiqih, mapel adab dan mapel siroh nabawiyah termasuk wawasan guru terhadap standar pendidikan nasional dan standar pendidikan Hidayatullah juga diujikan.

“Melului evadir dan UKG ini kita harapkan dapat memperkuat peran guru dalam pendidikan dan mendapatkan gambaran tentang kompetensi guru kita, seperti pedagogis dan kompetensi profesional, untuk selanjutnya akan dibimbimbing dan didampingi dalam mengembangkan potensi itu,” jelas Ust Arfah.

Dari hasil evadir dan UKG ini, jelasnya, Tim LPIH didampingi konsultan akan mengolahnya sehingga dan akan disusun dalam bentuk raport guru, sehingga ke depan semua guru di al Bayan juga akan memiliki raport.

“Evadir dan UKG ini merupakan tindak lanjut dari pelatihan-pelatihan sebelumnya, dan masih banyak lagi agenda pelatihan yang telah disusun oleh tim LPIH dalam rangka meningkatkan profesionalisme guru serta meningkatkan mutu pendidikan Al Bayan Islamic School Hidayatullah Makassar,” tegasnya.(arf)



BACA JUGA