Minggu, 5 Februari 2023 | 06:28 Wita

Alya Ilham Resmikan Gedung BLK Ponpes Al Bayan Hidayatullah Makassar

Editor: Humas Yayasan Al Bayan Hidayatullah Makassar
Share

Hidayatullah Makassar.id — Anggota MPR/DPR RI Komisi 9, Fraksi Demokrat, Hj Aliyah Mustika Ilham SE MAP meresmikan penggunaan gedung dan fasilitas pelatihan Balai Latihan Kerja (BLK) Komunitas Pesantren Al Bayan Hidayatullah Makassar, BTP Tamalanrea, Sabtu (4/2/2023).

Penyerahan dan serimonial peresmian dilaksanakan di aula STAI Al Al Bayan itu juga untuk BLK Komunitas di Pesantren Yayasan Syaikh Muh Djafar Bantaeng

Ketua Yayasan Al Bayan Hidayatullah Makassar Ust Suwito Fatah MM dalam sambutannya memastikan BLK yang difasilitasi pengajuan dan pembangunannya oleh istri mantan Walikota Makassar Ilham Arief Siradjuddin itu insyallah akan sangat bermanfaat bagi santri dalam menambah skill IT (teknologi informasi) dan wawasan digital.

“Tentunya ini menjadi catatan dan jejak kebaikan bagi ibu Alya dan keluarga sebagai amal jariyah dan menjadi kebaikan bersama,” ujarnya.

Alya merinci pembangunan BLK Komunitas di Pesantren Al Bayan Hidayatullah Makassar merupakan kegiatan hasil kemitraan Komisi 9 DPR dengan Kementerian Tenaga Kerja.

“Kebahagiaan bagi kami pribadi bisa membagi program ini. Ada 5 BLK Komunitas yang dibangun pada 2022 selain di sini (Al Bayan) dan Bantaeng, juga di Pangkep Wajo, dan Sinjai.

Ia mengungkapkan masing-masing anggota Komisi 9 mendapatkan kuota 5 BLK dengan anggaran Rp 1 miliar tiap BLK per tahun yang bisa diajukan pembangunannya.

“Kalau masih ada pesantren Hidayatullah yang memenuhi syarat dan membutuhkan BLK bisa diajukan langsung ke kami untuk diverifikasi oleh Kementerian. Hati-hati banyak calo proyek BLK sekarang,” ungkapnya.

BLK Komunitas tersebut masuk dalam program pengadaan unit pelatihan untuk lembaga pendidikan keagamaan dan non keagamaan pemerintah maupun non pemerintah

Targetnya bersama Kementerian Tenaga kerja, melalui BLK tersebut selepas dari pesantren santri bisa memiliki bekal skill yang diajarkan di BLK.

Selain gedung dan fasilitas 16 unit komputer, program tersebut juga melatih instruktur. “Alhamdulillah ini rejeki bagi Pesantren Hidayatullah Al Bayan semoga melengkapi fasilitas untuk peningkatan kualitas pendidikan baik bagi santri maupun bagi masyarakat sekitar,” tuturnya.

Peresmian tersebut ditandai dengan penandatangan prasasti dan peninjauan gedung BLK yang telah berdiri megah di area Pesantren Al Bayan Hidayatullah Makassar.(fir)