Sabtu, 10 Desember 2022 | 11:13 Wita

Rutinkan Siswa Shalat Dhuha Berjamaah, Cara Al Bayan Islamic School Didik Ketaqwaan

Editor: Humas Yayasan Al Bayan Hidayatullah Makassar
Share

HidayatullahMakassar.id — Al Bayan Islamic School di Ponpes Hidayatullah Makassar Jl Tamalanrea Raya BTP, salah satu sekolah Islam full day yang menerapkan program shalat dhuha berjamaah rutin tiap pagi bagi siswa dan anak didiknya.

Shalat dhuha tersebut dilaksanakan tiap pagi sebelum memulai pelajaran di kelas. Dilaksanakan bergantian dan masing-masing unit TK, SD, SMP dan SMA di Masjid Umar Al Faruq dan Mushalla Santri Putri.

“Anak-anak (siswa) kami diantar oleh orangtua ke sekolah dan dijemput oleh ustadz-usatdzah di depan pintu masuk sekolah. Kegiatan sudah mulai dari 7:20-7:40 adalah sholat dhuha berjamaah di masjid,” tutur Kepala Sekolah SD Integral Al Bayan Islamic School, Muh Ruslan MPd.

Menurutnya kegiatan sholat Dhuha sebagai program wajib di sekolah SD Integral Al Bayan sebagai pembentukan karakter disiplin ibadah sekaligus pembiasaan untuk membentuk kebiasaan taqwa jika mereka di rumah masing-masing.

“Jika sudah selesai sekolah di SD Integral Al Bayan kita harapkan sudah punya pondasi untuk membentengi diri dari perilaku menyimpang yang sering terjadi kepada generasi saat ini, ” jelasnya.

Siswa-siswi SD Al Bayan sudah tidak diingatkan jika telah jam 7.00, mereka sudah siap-siap ke masjid melaksanakan sholat dhuha dengan membawa mukenah (bagi putri) yang terlipat rapi berjalan dengan meletakan sepatu dan sandal dengan rapi dan sempurna di pelataran masjid.

Guru-guru piketpun selalu mengingatkan dengan memakai pengeras suara agar semua siswa kelas 3-6 segera ke masjid untuk melaksanakan sholat dhuha secara berjamaah. “Sedangkan siswa/siswi kelas 1-2 shalatnya di kelasnya masing-masing dibimbing oleh wali kelasnya,” tambahnya.

Rangkaian kegiatan sholat dhuha tersebut dimulai dengan murojaah bacaan wudhu, bacaan shalat dan murojaah ayat di juz 30 Al Quran.

“Pada kesempatan itu juga dimanfaatkan guru untuk penyampaian mengingatkan kepada peserta didik untuk selalu melaksanakan semua kegiatan yang dilaksanakan di sekolah dan diterapkan dalam kehidupan di rumah masing-masing,” tutur sosok ustadz dari Bima NTB itu.(*/fir)

Informasi lebih lengkap, silakan kunjungi website klik ➡️http://sekolahalbayan.id/ atau Virtual Office klik ➡️ https://wa.me/c/6285256097848


Tags:

BACA JUGA