Jumat, 28 Oktober 2022 | 12:25 Wita

Lokasi Jamwil 3 Pramuka Hidayatullah Sulsel, Wadi Barakah Diproyeksi untuk Jamnas 2025

Editor: Humas DPW Hidayatullah Sulsel
Share

HidayatullahMakassar.id — Jambore Wilayah (Jamwil) 3 Pandu Hidayatullah Sulsel resmi dibuka oleh Sekretaris Jenderal Pimpinan Satuan Komunitas Pramuka Hidayatullah Tingkat Nasional, Ahmad Khamim. Pembukaan dilakukan pada upacara di lapangan Ponpes Hidayatullah Tompobulu di kawasan Wadi Barakah, Pucak, Maros, Jumat pagi tadi (28/10/2022).

Jamwil 3 Gerakan Pandu Hidayatullah Sulsel diselenggarakan Satuan Komunitas Wilayah (Sako) Pramuka Hidayatullah Sulsel dan didukung oleh Departemen Tarbiyah dan Kepesantrenan DPW Hidayatullah Sulsel. Kegiatan yang dihadiri 1.000an peserta dan pengunjung itu akan berlangsung hingga Ahad (30/10/2022).

Sekjen Sako Hidayatullah Ahmad Khamim

Terungkap rencana dan dukungan dari Sekjen Sako Pramuka Hidayatullah pusat menjadikan kawasan Wadi Barakah Ponpes Hidayatullah Tompobulu sebagai lokasi penyelenggaraan Jambore Nasional Pandu Hidayatullah pada 2025 mendatang.

“Jika Jamnas lalu di Malang Jawa Timur sukses dengan keikutsertaan 7.000 peserta maka kita dukung dan targetkan Jamnas 2025 di sini (Wadi Barakah) bisa diikuti 10 ribu peserta,” ujar Khamim.

Merespon wacana tersebut, Dewan Pertimbangan Hidayatullah Ust Dr Ir H Abd Aziz Qahhar Mudzakkar MSi yang juga Ketua Dewan Pembina Yayasan Al Bayan Hidayatullah Makassar mengutarakan tekad menjadikan Wadi Barakah sebagai pusat penyelenggaraan Jambore Nasional Hidayatullah.

Ketua DPW Hidayatullah Sulsel

“Jika Pramuka nasional punya Cibubur maka Pramuka Hidayatullah punya Wadi Barakah. Dengan luas lahan Wadi Barakah yang ditargetkan hingga 50-100 hektar maka sangat mendukung untuk dijadikan sebagai “Cibuburnya” Pramuka Hidayatullah,” urainya.

Hadir pada upacara pembukaan dan menyampaikan amanat Ketua Dewan Pengurus Wilayah (DPW) Hidayatullah Sulsel Ust Drs Nashri Bukhari MPd dan sambutan Bupati Maros diwakili Camat Tompobulu Maros Yusriadi Arief.

“Pandu Hidayatullah adalah kader dakwah dan tarbiyah yang sejak dini dilatih bukan sekadar wawasannya tapi juga keterampilan maupun ketangguhan fisik untuk menjadi pelanjut perjuangan Islam melalui organisasi Hidayatullah,” harap ust Nashri.

Peresmian Sumur dan Instalasi Air Terintegrasi

Pada kesempatan tersebut turut diresmikan proyek sumur dan instalasi air terintegrasi untuk Pesantren Tahfizh Hidayatullah Tompobulu dan warga Dusun Area dari Laznas BMH Sulsel bekerjasama dengan KitaBisa dan Politeknik Negeri Makassar.

Hadir pada peresmian itu Ketua Dewan Pembina Yayasan Al Bayan Hidayatullah Makassar dan anggota Dewan Pembina Ust Ir H Abd Majid MA, Kepala Cabang BMH Sulsel Kadir, Ketua Yayasan Al Bayan Hidayatullah Makassar Ust Suwito Fatah MM.

Jamwil 3 Hidayatullah Sulsel diikuti oleh santri putra dan putri Pandu Hidayatullah se-Sulsel sebanyak 663 peserta dan 72 pendamping. Turut hadir pula pengurus DPW Hidayatullah Sulsel dan DPD Hidayatullah se-Sulsel.

Dengan mengusung tema “Bersama Sako Pramuka Hidayatullah Wujudkan Generasi Muslim yang Taat, Tangguh dan Berprestasi”, kegiatan Jamwil disemarakkan dengan berbagai kegiatan lomba keterampilan kepramukaan dan spiritual.(fir)



BACA JUGA