Sabtu, 22 Oktober 2022 | 14:02 Wita

Pekan Depan, 800 Pandu Hidayatullah se-Sulsel Ikuti Jamwil di Wadi Barakah

Editor: Humas DPW Hidayatullah Sulsel
Share

HidayatullahMakassar.id – Sebanyak 800 santri Pandu Hidayatullah se-Sulsel akan mengikuti Jambore Wilayah (Jamwil) Pramuka Hidayatullah Sulsel di kawasan Wadi Barakah Hidayatullah Tompobulu, Pucak, Maros, pekan depan.

Jamwil ketiga yang dilaksana Satuan Komunitas Daerah (Sakoda) Pramuka Hidayatullah Sulsel bersama Departemen Pendidikan dan Kepesantrenan DPW Hidayatullah Sulsel itu akan dilaksanakan selama tiga hari pada 28-30 Oktober. 

Diperkirakan pada kawasan pesantren dan agrowisata seluas 22 hektar tersebut akan dipadati 1.000an lebih santri, guru hingga orangtua santri. Yayasan Al Bayan Hidayatullah kampus utama Makassar sebagai tuan rumah penyelenggaraan “pesta periodik” santri Pandu Hidayatullah tersebut, 

“Jamwil kali ini bertemakan Bersama Sako Pramuka Hidayatullah Wujudkan Muslim yang Taat, Tangguh dan Berprestasi. Peserta ynag telah mendaftar sudah mencapai 700-800 pelajar Hidayatullah se-sulsel tingkatan SD, SMP, SMA putra putri,” jelas Ketua Sakoda Pramuka Hidayatullah Sulsel, Muhammad Alyas. 

Ia menjelaskan pelaksanaan Jamwil ketiga kali ini diformat sebagai ajang silaturrahim pelajar Hidayatullah se-Sulsel. “Juga menjadi ajang adu kreatifitas dengan banyaknya pelombaan yang akan diadakan,” tambah Ketua Panitia Habibullah.

Sejumlah lomba yang akan digelar dan memperebutkan trofi mulai lomba baris-berbaris (PBB), yel-yel, ketangkasan, semaphore, sandi kotak sandi morse, pionering, lomba ceramah, tahfidz, nasyid, rangking 1, lomba memanah dan lainnya.

“Jamwil kali ini sedikit berbeda dan menantang jiwa petualangan peserta karena dilaksanakan saat musim hujan. Tentunya akan semakin menambah kesan dan pengalaman para peserta,” jelas Habibullah.

Diagendakan Bupati Maros H Andi Syafril Chaidur Syam SIP MH akan membuka kegiatan Jamwil dihadiri pula jajaran pengurus DPW Hidayatullah Sulsel, Yayasan Al Bayan kampus utama Makassar, BMH, DPD Hidayatullah se-Sulsel.

Kegiatan Jamwil Pandu Hidayatullah se-Sulsel merupakan kegiatan berskala provinsi kedua yang dilaksanakan di kawasan Wadi Barakah. Kawasan tersebut saat ini sedang dilakukan penataan dan pengelolaan sebagai kawsan agrowisata, camping ground hingga villa.

Sebelumnya SARC Kahmi Sulsel sukses menyelenggarakan pelatihan dasar SAR di Wadi Barakah, Pada awal Oktober ini juga telah sukses dilaksanakan event nasional National Championship Offroad IOF seri keempat.(fir)